Sukses

Cek Fakta: Hoaks Varian Indomie Rasa Boba

Beredar kabar hoaks Indomie baru rasa boba.

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang varian Indomie rasa boba beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan akun Facebook Koko Buncit pada 2 April 2020 lalu.

Akun Facebook Koko Buncit mengunggah gambar Indomie varian mi goreng rasa boba milk tea. Akun Facebook Koko Buncit kemudian menambahkan narasi dalam konten yang diunggahnya tersebut.

"Indomie Rasa Boba Milk Tea 😂😂

Ngga sabar diriku untuk menunggu launching dan coba rasanya kira” bagaimana yahh’ condong ke manis kah’ asin kah atau pedes kah 😅 ini penistaan yang akan launching bulan ini !.

Credit: @axtonsalimYOUTUBE: Koko Buncit#kulinersby #kokobuncit #kulinerviral #kulinerjakarta#kulinermalang #kuliner #kulinersby #kulinersurabaya #kulinernusantara #indomie #boba," tulis akun Facebook Koko Buncit.

Konten yang disebarkan akun Facebook Koko Buncit telah 22 kali dibagikan dan mendapat 14 komentar warganet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang varian Indomie rasa boba. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tersebut ke situs Google Reverse Image.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah mengenai Indomie goreng rasa boba tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Hoax Indomie Rasa Nyeleneh, Rasa Boba hingga Rasa Saksang Babi" yang dimuat situs food.detik.com pada 27 Juli 2020 lalu.

Jakarta - Penggemar mie instan sempat dihebohkan dengan hadirnya berbagai rasa mie instan yang nyeleneh. Mulai rasa boba, rasa klepon hingga saksang babi. Semua rasa mie instan ini ternyata hoax.Mie instan varian kuah maupun goreng punya banyak penggemar. Tak heran kalau sedikit isu tentang mie instan langsung membuat geger media sosial. Apalagi soal varian rasa terbaru mie instan yang dianggap nyeleneh, kabarnya langsung menyebar luas.

April 2020 misalnya, ada isu mie instan rasa boba yang sempat bikin netizen geger. Saat itu tren minuman boba sedang ramai di kalangan foodies. Tapi tak lama setelah kabar ini viral, ternyata mie instan rasa boba hanyalah hoax alias berita palsu.

Tak hanya boba, ada juga mie instan rasa klepon dan yang terbaru yakni rasa saksang babi. Semua kabar ini sudah dikonfirmasi sebagai berita palsu.

Minuman dan dessert serba boba sempat menjadi tren di awal tahun 2020. Hampir semua minuman diberi tambahan boba, bisnis minuman boba pun menjamur dengan luas. Belum lagi aneka dessert manis yang juga diberi tambahan boba sebagai topping.

Saking menggilanya peminat boba, pernah ada kabar yang mengatakan akan ada mie instan rasa boba. Uniknya lagi, kabar ini disampaikan oleh Axton Salim, penerus ketiga bisnis Indofood. Lewat instagramnya, Axton mengunggah foto kemasan Indomie dengan tulisan 'Indomie Goreng Boba.'

Unggahan tanggal 1 April 2020 ini langsung membuat netizen kaget. Setelah dikonfirmasi, ternyata Indomie Goreng Rasa Boba ini hanyalah keisengan Axton tepat di April Mop. Banyak netizen yang tertipu lantas mengungkapkan kekesalannya lewat kolom komentar.

Liputan6.com juga mencari Indomie goreng rasa boba di situs indomie.com. Namun dalam situs tersebut tidak ada Indomie goreng rasa boba.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang varian Indomie rasa boba ternyata tidak benar alias hoaks. Hingga kini, tidak ada indomie varian mi goreng rasa boba.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.