Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Ini Seorang Istri yang Menunggu Pengampunan Suaminya

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto istri yang menunggu pengampunan suaminya

Liputan6.com, Jakarta Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto yang diklaim sebagai jenazah istri yang menunggu pengampunan suaminya.Klaim tersebut diunggah akun Facebook ر,وسيا نيا,pada 3 Agustus 2020.

Foto yang diunggah berupa tengkorak yang mengenakan baju merah, terdapat tangan seorang yang mengusap bagian dadanya.

Foto tersebut terdapat tulisan sebagai berikut:

"Wanita ini menunggu pengampunan dari suaminya. Jangan ambil mudah, taatlah suami kamu wahai isteri2 di luar sana, sebelom terlambat. Jahat mana pon dia tetap suami kamu, subhanallah."

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"𝘾𝙄𝙍𝙄-𝘾𝙄𝙍𝙄 𝙄𝙎𝙏𝙍𝙄 𝘿𝙐𝙍𝙃𝘼𝙆𝘼Tidur membelakangi suaminyaSelalu bermuka masam di dpan suamiSelalu marah bila di nasehati suamiSelalu membantah perkataan suamiSelalu ingin di turuti kehendaknya atas duniawiTidak menghargai dan menghormati suami di depan orang banyakSelalu buka aib suami baik buruknya ataupun dlm berhubunganSelalu memburuk burukkan suami pada jiran dan saudaranyaSelalu menuntut kemauannya agar terpenuhiWahai istri jgn pernah berharap lebih karna dirimulah jika kamu taat suami akan mudah ke syurgawi jadilah ibu dan istri yg baik yg mampu menutupi aib suami seburuk manapun ia ttp suamimu yg selalu ada dalam keluh kesahmu jngan sampai kau melihat kebaikan lelaki lain dan mencintai nya hingga kelak kau akan memakan daging mentah yg penuh darah sedangkan yg masak ada di depan mata inilah balasan bagi istri yang membelakangi suami di banding kan ibu dan bapak yah,,,

RENUNGAN BERSAMA

Ada Istri yang lupa bahwasannya suami lebih Utama dari Ibunya

Ada Ibu dan Bapak lupa bahwa anak perempuan mereka perlu mengutamakan suaminnya lebih dari ibunya

Ada istri yg Lupa bahwa suami perlu mengutamakan ibunya sendiri melebihi Istrinya

Ada anak perempuan yg lupa bahwa dia lebih terikat tanggung jawab kepada suami dan ibu bapak suami lebih dari ibu bapaknya sendiri

Ini kisah seorang Wanita telah Durhaka pada suami dan tengah menunggu pengampunan/maaf dari suami hingga tubuhnya tak lagi berdaya...

Astagfirullohingatlah wahai Istri syurgamu ada pada suami...Taat itu wajib hukumnya ...selagi ia benar...dijalan Yg Allah Ridhoi...

Semoga Allah jadikan kita Istiqomah & dijauhkan dari sesuatu perbuatan yang tidak disukai Allah...Amin".

Benarkah klaim foto istri yang menunggu pengampunan suaminya? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto istri yang menunggu pengampunan suaminya dengan menjadikan foto tersebut sebagai bahan penelusuran menggunakan Google Image.

klaim foto istri yang menunggu pengampunan suaminya

 Penelusuran mengarah pada sejumlah artikel, salah satunya berjudul "Für indonesisches Leichenritual werden die Toten ans Tageslicht gebracht" yang dimuat situs heftig.de.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto istri yang menunggu pengampunan suaminya

Dalam artikel situs heftig.de memuat sejumlah foto jenazah yang sudah menjadi tulang, salah satunya identik dengan klaim jenazah istri yang menunggu pengampunan suaminya.

Artikel tersebut menyebutkan, perisitiwa dalam foto tersebut merupakan tradisi di Toraja, Indonesia yang disebut Ma'nene atau upacara pembersihan mayat.

Dalam tradisi yang dilaksanakan setiap tahun tersebut, jenazah yang disimpan di dalam peti dikeluarkan dan digantikan bajunya oleh keluarganya.

Foto tersebut merupakan hasil tangkapan layar bersumber dari akun YouTube Andi Hasbi Jaya melalui chanel HasbiTubeHD, dengan judul "Tradisi Ma'nene, Ritual Mengganti Pakaian Mayat di Tana Toraja" yang diunggah pada 25 Desember 2020.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com. klaim foto istri yang menunggu pengampunan suaminya tidak benar.

Foto jenazah tersebut merupakan bagian dari tradisi di Toraja, Indonesia yang disebut Ma'nene atau upacara pembersihan mayat.

Dalam tradisi yang dilaksanakan setiap tahun tersebut, jenazah yang disimpan di dalam peti dikeluarkan dan digantikan bajunya oleh keluarganya.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini