Sukses

Cek Fakta: Hoaks Presiden Jokowi Ajari Cucunya Main Lempar Tanggung Jawab

Faktanya, Jokowi sedang menghabiskan waktu liburannya bersama Jan Ethes dengan bermain bola, pedang-pedangan, hingga berenang di kolam renang.

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial Twitter sedang diramaikan dengan akun @JOKOWI_COSPLAY. Akun ini mengatasnamakan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

Unggahannya pada minggu ini sedang menjadi viral. Akun itu mengunggah foto Jokowi sedang bermain bola bersama cucunya, Jan Ethes. Akun tersebut juga membuat narasi seperti ini:

"Siang ini, karena harus #dirumahsaja, saya melatih Jan Ethes bermain lempar-lemparan tanggung jawab."

Unggahan itu sudah mendapat lebih dari 1.000 retweet dan 1.311 like dari warga Twitter. Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan dua akun yang membagikan postingan @JOKOWI_COSPLAY, yakni @sueb_soleh dan @MyNameis_Khiiin.

Benarkah, Presiden Jokowi mengajarkan cucunya, Jan Ethes bermain lemar tanggung jawab?

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Dari penelusuran Tim Cek Fakta Liputan6.com, akun tersebut bukan berasal dari akun resmi Presiden Jokowi. Akun resmi Presiden RI saat ini adalah @jokowi dengan foto menghadap ke kanan. Sedangkan foto @JOKOWI_COSPLAY memperlihatkan Jokowi menghadap ke kiri.

 

Sementara foto yang dipasang @JOKOWI_COSPLAY merupakan sebuah tangkapan layar. Itu merupakan sebuah potongan dari video vlog saat Jokowi bermain bersama cucunya.

 

Video itu sudah berada di situs berbagi video, Youtube sejak 17 September 2017. Channel Youtube Presiden Joko Widodo menggambarkan keseruannya bermain bersama dengan Jan Ethes. Video itu diberi judul #JKWVLOG BERMAIN BERSAMA CUCU.

Dalam video tersebut, Jokowi tidak hanya bermain lempar tangkap bola. Jokowi dan Jan Ethes juga bermain pedang-pedangan hingga berenang. (Klik tautan ini untuk lihat vlog Jokowi bersama Jan Ethes)

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim Presiden Jokowi melatih Jan Ether lempar-lemparan tanggung jawab adalah salah. Kemudian akun @JOKOWI_COSPLAY bukanlah akun resmi Joko Widodo.

Faktanya, Jokowi sedang menghabiskan waktu liburannya bersama Jan Ethes dengan bermain bola, pedang-pedangan, hingga berenang di kolam renang.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini