Sukses

Cek Fakta: Hoaks Foto Ma'ruf Amin dengan Narasi Ngawur

Liputan6.com, Jakarta - Beredar viral di media sosial Facebook dan Twitter foto Wakil Presiden Indonesia, Ma'ruf Amin. Foto tersebut banyak dibagikan oleh pengguna media sosial pada tengah pekan ini.

Salah satunya adalah akun @carbonoxyde di Twitter. Unggahan foto Ma'ruf Amin itu sudah mendapat 9.500 likes dan di-retweet 3.500 kali.

Dalam foto tersebut seperti tangkapan layar dalam akun Youtube dengan judul, "5 TAHUN nggak ngapa-ngapain."

Lalu benarkah foto Ma'ruf Amin tersebut?

2 dari 4 halaman

Penelusuran fakta:

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri fakta dengan mengunjungi akun Youtube "Sobat Miskin Official" seperti yang terdapat pada foto viral.

Namun, tidak ada foto Ma'ruf Amin seperti yang viral di media sosial. Foto viral tersebut mengambil video milik Sobat Miskin Official dengan menyunting bagian kepala dan judulnya.

Pada video asli berjudul "2 Jam nggak ngapa-ngapain" diubah menjadi "5 tahun nggak ngapa-ngapain". Video itu sendiri hingga saat ini sudah mendapat lebih dari 1,2 juta views dan mendapat 50 ribu likes.

 

Cek Fakta foto Wakil Presiden Ma'ruf Amin (istimewa)

3 dari 4 halaman

Kesimpulan:

Foto Wapres Ma'ruf Amin dengan narasi "5 tahun nggak ngapa-ngapain" adalah hoaks. Foto tersebut hasil suntingan dari video Youtube akun Sobat Miskin Official dengan judul "2 jam nggak ngapa-ngapain."

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.