Sukses

Cek Fakta: Nama Telkomsel Dicatut dalam Informasi Hoaks Bagi-bagi Kuota Internet Gratis

Liputan6.com, Jakarta - Informasi mengenai bagi-bagi kuota internet gratis saat pandemi Covid-19 beredar di media sosial. Adalah akun Facebook Berbagi Kuota yang mengklaim akan membagikan kuota internet gratis bagi masyarakat.

Akun Facebook Berbagi Kuota menuliskan narasi yang berisi tentang klaim bagi-bagi kuota internet gratis pada 27 Juli 2020. Berikut narasinya:

"SELAMAT DATANG,!!!

Kami ingin membantu siswa yang membutuhkan kuota untuk belajar karena pandemi Covid19.

5.000 orang pertama dalam grup ini yang menulis huruf demi huruf "kuotagratis" tanpa diganggu oleh pesaing lain akan menerima kuota gratis 15 gb dari kami

Contohnya :

K

U

O

T

A

G

R

A

T

I

S

PERINGATAN: jika kalian berhasil menulis kuotagratis kalian akan di inbox dan diperintahkan untuk memasukan nomor ponsel anda.Hadiah ini untuk orang-orang yang belum pernah memenangkan hadiah kami sebelumnya, jika Anda telah memenangkan kuota gratis sebelumnya, silakan menjauh, beri orang lain kesempatan untuk menang," tulis akun Facebook Berbagi Kuota.

Akun Facebook Berbagi Kuota juga mencantumkan sejumlah gambar provider sebagai klaim bagi-bagi kuota internet.

Konten yang diunggah akun Facebook Berbagi Kuota telah 212 kali dibagikan dan mendapat 2,800 komentar warganet.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi mengenai bagi-bagi kuota internet gratis saat pandemi Covid-19. Penelusuran dilakukan dengan menghubungi pihak Telkomsel yang logonya ada di dalam gambar tersebut.

Manager Media Relation Telkomsel, Kurnia Purwanto memastikan bahwa informasi mengenai bagi-bagi kuota internet gratis tidak benar.

"Infonya tidak benar," kata Kurnia Purwanto kepada Liputan6.com, Senin (27/7/2020).

Menurut pria yang akrab disapa Ipung itu, masyarakat bisa mengecek langsung mengenai produk Telkomsel di situs dan aplikasi resmi yang disediakan Telkomsel.

"Info yang terkait produk dan layanan Telkomsel ada di website resmi Telkomsel www.telkomsel.com atau Aplikasi My Telkomsel," ucapnya.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Informasi mengenai bagi-bagi kuota internet gratis saat pandemi Covid-19 ternyata tidak benar. Salah satu provider yang namanya dicatut dalam informasi bagi-bagi kuota internet, yakni Telkomsel memastikan bahwa kabar tersebut tidak benar.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.