Sukses

Cek Fakta: Benarkah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan Baca Alquran di Hagia Sophia?

Akun Facebook Natural Healthy mengunggah video Erdogan membaca Alquran pada Jumat (17/7/2020). Akun tersebut menyebut Presiden Turki ini sedang membaca Alquran di Hagia Sophia.

Liputan6.com, Istanbul - Warganet di Facebook dihebohkan dengan aktivitas Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan yang sedang membaca ayat suci Alquran. Video ini sudah ditonton ribuan warganet.

Akun Facebook Natural Healthy mengunggah video Erdogan membaca Alquran pada Jumat (17/7/2020). Akun tersebut menyebut Presiden Turki ini sedang membaca Alquran di Hagia Sophia.

Berikut narasi yang dibubuhkan Natural Healthy sebagai keterangan video:

"Pembacaan AYAT-AYAT SUCI AL-QUR'AN OLEH ERDOGAN DI MASJID HAGIA SHOPIA."

Video tersebut menjadi sangat viral. Sebabnya, sudah mendapat like hingga 108 ribu. Tidak hanya itu, video ini sudah dibagikan warganet hingga lebih dari 30 ribu kali.

Perlu diketahui, Hagia Sophia sedang menjadi perbincangan. Sebab, banyak yang tidak setuju dengan keputusan pemerintah Turki soal penggunaan Hagia Sophia diubah menjadi masjid dari museum.

Lalu, benarkan Presiden Erdogan membaca ayat Alquran di Hagia Shopia seperti yang ramai dibicarakan warganet?

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencari berita yang menyebut Presiden Erdogan membaca Alquran di Hagia Sophia. Tim menelusurinya melalui situs berbagi video, Youtube.

Dari situs ini, tim menemukan channel yang dapat dipercaya, A Haber. Channel ini mendapat tanda centang dari pihak Youtube. Dari channel tersebut, diketahui Erdogan tidak membaca Alquran di Hagia Shopia melainkan di Masjid Bestepe Millet karena sebuah peringatan di tanggal 15 Juli.

"Presiden Recep Tayyip Erdogan membaca Alquran selama upacara Hatm-isif yang diselenggarakan di Masjid Millet pada 15 Juli," bunyi keterangan video dari A Haber.

Seperti diberitakan situs pemerintahan Turki, tcbb.gov.tr, Masjid Bestepe Millet masih berada dalam satu kompleks istana Presiden Turki. Erdogan sendiri yang meresmikan masjid tersebut, lima tahun lalu.

"Saya percaya masjid ini akan memberikan kontribusi besar bagi Ankara, wilayah dan seluruh negara dengan arsitektur dan posisinya di dalam kompleks," kata Erdogan seperti dilansir situs tccb.gov.tr, Jumat 3 Juli 2015.

Hagia Sophia memang menjadi perbincangan publik karena pemerintah Turki mengalihfungsikan bangunan tersebut. Awalnya, bangunan tersebut merupakan musem dan berubah menjadi masjid.

Diketahui, Erdogan, seperti diberitakan Liputan6.com, pertama kali mengunjungi Hagia Sophia setelah menjadi masjid pada Minggu, 19 Juli 2020. Pada saat itu, dia tidak membaca Alquran, hanya berkunjung saja.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang Presiden Erdogan membaca Alquran di Hagia Sophia pada 15 Juli 2020 adalah fakta yang salah. Yang benar, Erdogan membaca Alquran di Masjid Bestepe Millet, yang letaknya masih berada dalam Istana Presiden Turki. Erdogan pertama kali mengunjungi Hagia Sophia setelah menjadi masjid pada Minggu, 19 Juli 2020.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini