Sukses

Cek Fakta: Hoaks Adidas Membagikan Masker di Tengah Pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta- Di tengah pandemi virus corona baru (Covid-19) yang mengharuskan setiap orang menggunakan masker, beredar klaim perusahaan perlengakapan olahraga Adidas membagikan masker. Klaim tersebut beredar secara berantai melalui aplikasi pesan WhatsApp.

Pada klaim tersebut terdapat tautan yang mengarahkan penerima pesan untuk memasuki situs https://mobipremios.ru/adidas/en/?sub=7#, situs tersebut menyatakan Adidas memberikan masker.

Pada halaman situs tersebut juga memperlihatkan jumlah masker yang sudah dibagikan dan mengarahkan untuk memasuki tahapan berikutnya.

Benarkah Adidas membagikan masker di tengah pandemi Covid-19 ini? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim Adidas membagikan masker di tengah pandemi Covid-19 dengan menguhubungi pihak Adidas Indonesia.

Senior Manager Brand Activations Adidas Indonesia Cinita Mayakatri membatah klaim Adidas membagikan masker. Dia menyebut kabar tersebut hoaks.

"Ini hoaks ya," kata Cinita saat berbincang dengan Liputan6.com.

Cinita mengungkapkan, Adidas Indonesia tidak membuat dan memiliki program membagikan masker seperti yang dicantumkan pada klaim.

"Tidak ada official statement dari kami," tegasnya.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim Adidas membagikan masker di tengah pandemi Covid-19 tidak benar. 

Adidas Indonesia tidak membuat dan memiliki program membagikan masker seperti yang dicantumkan pada klaim.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS