Sukses

Cek Fakta: Hoaks Alfamart Bagi-Bagi 6.000 Kupon Senilai Rp 2 Juta untuk Bantu Lawan COVID-19

Beredar kabar swalayan Alfamart menyumbang 6 ribu kupon gratis senilai Rp 2 juta untuk membantu melawan COVID-19, simak faktanya.

Liputan6.com, Jakarta- Beredar kabar swalayan Alfamart menyumbang 6 ribu kupon gratis senilai Rp 2 juta untuk membantu melawan penyebaran penyakit akibat virus corona baru atau COVID-19. Kabar tersebut tersebar di jejaring sosial WhatsApp, berikut isinya:

"Alfamart 🛒 akan menyumbangkan 6.000 kupon gratis senilai Rp 2.000.000 untuk membantu melawan Covid-19. Saya baru saja mengambil voucher saya di sini: 🎁 https://t.co/R8nJz1ubpQ"

Pada keterangan tersebut terdapat tautan yang terhubung dengan sebuah situs yang berisi kolom survey.

Benarkah kabar Alfamart menyumbang 6 ribu kupon gratis senilai Rp 2 juta untuk melawan COVID-19? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar yang mengklaim Alfamart menyumbang 6 ribu kupon gratis senilai Rp 2 juta untuk melawan COVID-19, dengan menghubungi pihak PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk atau Alfamart

Corporate Communication General Manager AMRT, Nur Rachman menyatakan, kabar Alfamart menyumbang 6 ribu kupon gratis senilai Rp 2 juta untuk melawan COVID-19 tidak benar.

"Itu hoax," kata Nur saat berbincang dengan Liputan6.com.

PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. sebagai pemilik jaringan toko Alfamart menyatakan bahwa perusahaan tidak mengadakan kuis atau kegiatan survey dengan imbalan hadiah seperti yang tertera di website atau situs berikut: 6.000 kupon gratis senilai Rp 2.000.000 untuk membantu melawan Covid-19 dengan link https://t.co/R8nJz1ubpQ.

“Kami mohon masyarakat agar waspada terhadap pihak-pihak yang mengatasnamakan Alfamart dengan memberi iming-iming hadiah atau voucher belanja, karena situs tersebut tidak benar dan bukan dari situs resmi kami. Penawaran voucher hanya melalui nomor resmi Whatsapp Alfamart di 08111500959,” ujar Nur.

Perusahaan telah melaporkan melalui surat elektronik kepada Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI untuk memblokir situs tersebut dan menyatakan bahwa situs tersebut Hoax yang dapat merugikan dan menyesatkan masyarakat secara luas.

Perusahaan tidak menyelenggarakan survey secara online terlebih dengan iming-iming memenangkan voucher belanja senilai Rp 2 juta.

Konsumen diharapkan waspada, jika mendapatkan tawaran seperti di atas. Semua yang berkaitan dengan pemberian voucher atau promo oleh Alfamart hanya melalui situs resmi www.alfamartku.com, akun media sosial facebook www.facebook.com atau alfamartku, instagram www.instagram.com atau afamart, twitter www.twitter.com atau alfamart dan nomor resmi WhatsApp Alfamart 08111500959.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

kabar Alfamart menyumbang 6 ribu kupon gratis senilai Rp 2 juta untuk melawan COVID-19 tidak benar.

Pihak Alfamart menyatakan, kabar tersebut adalah hoaks, perusahaan tidak menyelenggarakan survey secara online terlebih dengan iming-iming memenangkan voucher belanja senilai Rp 2 juta.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.