Sukses

[Cek Fakta] Hoaks Anies Sediakan Kolam Raksasa bagi Warga Jakarta

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang banjir Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang telah menyediakan kolam raksasa bagi warga Ibu Kota, viral di media sosial.

Kabar ini diunggah oleh akun YouTube InfoForU pada 28 April 2019. Akun ini mengunggah sebuah video yang berisi gambar tangkapan layar beberapa foto banjir dan Anies Baswedan.

Dalam video tersebut, terdapat sebuah gambar yang memperlihatkan jalanan jakarta terendam banjir. Terdapat juga gambar Anies Baswedan di video tersebut.

Selain itu, dalam gambar tersebut terdapat sebuah narasi "PERKENALKAN ALL JAKARTA WATER PARK".

"Keberhasilan Anies sediakan kolam raksasa bagi warga Jakarta : Parade Banjir di DKI April 2019," tuis akun YouTube InfoForU pada 28 April 2019.

Video yang diunggah akun YouTube InfoForU telah 1.108.661 kali ditonton dan 13.808 mendapat komentar warganet.

 

2 dari 3 halaman

Penelusuran Fakta

Setelah ditelusuri, kabar tentang Anies Baswedan yang menyediakan kolam raksasa alias banjir bagi warga Jakarta ternyata tidak benar.Informasi ini dikutip dari situs turnbackhoax.id dengan judul artikel [SALAH] “All Jakarta Water Park”.

Pelintiran daur ulang. Hasil suntingan foto banjir tahun 2015, kiri-kanan dibalik (flip) dan ditambahkan foto Anies Baswedan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Konten yang Dimanipulasi.

======

SUMBER

Pesan berantai WhatsApp.

======

NARASI

“PERKENALKAN: ALL JAKARTA WATER PARK”.

======

PENJELASAN

(1) http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S, First Draft News: “Konten yang dimanipulasi

Ketika informasi atau gambar yang asli dimanipulasi untuk menipu”.

* SUMBER membagikan foto hasil suntingan menggunakan foto yang sudah beredar sebelumnya pada tahun 2015, kiri-kanan dibalik (flip) lalu ditambahkan foto Anies Baswedan.

* SUMBER menambahkan narasi pelintiran untuk membangun premis yang salah yang tidak sesuai dengan konteks dari foto asli.

(2) Salah satu sumber foto asli, VIVA.co.id: “Banjir Belum Surut, Toko-toko di Kelapa Gading Masih Tutup

Eko PriliawitoBERITA > METRORabu, 11 Februari 2015 | 10:39 WIB

(foto)Photo: @tmcpoldametroBanjir Jakarta

VIVA.co.id – Genangan air di wilayah Kelapa Gading, Jakarta Utara, masih terpantau 40 cm, Rabu pagi, 11 Febuari 2015. Akibat banjir hari ini, sebagian besar toko yang berada di kawasan elit ini juga masih tutup. …”

Selengkapnya di http://bit.ly/2L6qbpv / http://archive.md/vkFNq (arsip cadangan).

 

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Gambar yang menyebutkan Anies menyediakan kolam raksasa bagi warga Jakarta ternyata adalah hasil suntingan. Gambar itu diambil dari sebuah artikel situs viva.co.id yang tayang pada 2015 silam.

Narasi yang disampaikan oleh akun YouTube InfoForU tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Loading
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Mengonsumsi Daun Pakis Berbahaya karena Memicu Kanker? Ini Faktanya
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Hoaks Kanibal Kabur ke Baubau Sultra