Sukses

[Cek Fakta] Hoaks Foto Selfie Sandiaga Uno dan Romahurmuziy di Penjara

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto beredar di media sosial, menunjukkan calon wakil presiden (cawapres) Sandiaga Uno sedang berswafoto dengan mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy yang saat ini berstatus tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi. 

Salah satunya diunggah oleh akun Facebook bernama Welly.

"Capres No.02 Prof.Sandiaga Salahudin Uno.MBA. Sungguh sangat Berjiwa Besar dalam menyikapi disetiap momentum kehidupan, Disaat Jokowi-maruf menyia-nyiakan Rommy Justru Bang Sandi membesuknya di Rumah tahanan KPK...Subhanallah..Sangat Pantas mendapat Predikat Negarawan dan Layak utk mendampingi bpk.Prabowo Subianto dalam menjalankan tugas Kenegaraan..Aamiin." tulis Welly menyertai unggahan fotonya pada Jumat, 22 Maret 2019.

Dalam foto itu, Sandiaga Uno digambarkan sedang menjenguk mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy atau Romi.

Romi terjaring dalam operasi tangkap tangan Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK terkait kasus dugaan suap jual beli jabatan di Kementerian Agama (Kemenag).

Sandiaga bahkan menyempatkan diri mengambil swafoto atau selfie. Dia terlihat berdiri di luar sel tahanan, sedangkan Romi berada di balik jeruji besi. Sandiaga pun terlihat tersenyum saat mengambil foto bersama Romi.

Unggahan itu sudah dibagikan sebanyak 4.499 kali dan mendapat tanda suka 2.100. Ada 819 komentar dalam foto tersebut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Fakta

Berdasarkan penelusuran, itu merupakan editan dari gambar Sandiaga Uno yang sedang berswafoto dengan anggota komunitas Jaringan Sosial Media (Jasmed).

Foto tersebut merupakan hasil jepretan salah satu reporter portal berita Tribunnews.com yang bernama Rizal Bomantama.

Tribun News mempublikasikan foto tersebut dalam artikel berjudul, Sandiaga Uno: Selfie Penting untuk Kampanye yang ditulis pada Selasa 14 Maret 2017.

Foto itu diambil saat Sandiaga belum maju dalam Pilpres 2019 mendampingi Prabowo Subianto. 

Cek Fakta - Tangkapan layar Tribunnews terkait foto selfie Sandiaga Uno dengan komunitas Jaringan Sosial Media (Jasmed) (Tribunnews.com/Rizal Bomantama)

"Sandiaga Uno terkesan dengan etos kerja komunitas Jaringan Sosial Media (Jasmed) yang menganggap foto sebagai aspek penting dalam pemasaran produk hasil karya wirausaha.

Hal itu disampaikannya saat menyambangi markas Jasmed di Jalan Bangka Buntu II, Pela Mampang, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2017).

Selain menjelaskan pentingnya foto sebagai sarana pemasaran produk, Sandiaga Uno juga mengajarkan puluhan anggota Jasmed melakukan swafoto atau 'selfie' secara benar.

"Caranya handphone dijepit menggunakan jari telunjuk dan jari manis. Posisinya seperti ini, ingat jangan gunakan timer supaya tidak terlalu lama," ujarnya sambil mencontohkan.

Cawagub Jakarta nomor pemilihan tiga itu juga meminta warga untuk tidak malu mengajak cagub dan cawagub yang sedang kampanye melakukan swafoto.

"Jangan ragu-ragu kalau mau mengajak swafoto, namanya kampanye pasti cagub atau cawagub pasti mau diajak swafoto," katanya.

Sandiaga Uno menjelaskan bahwa swafoto juga bisa digunakan cagub atau cawagub mengkampanyekan dirinya sebagai sosok yang dekat dengan masyarakat.

"Kalau ada warga ajak swafoto pasti nanti akan di-upload ke media sosial dan itu akan membentuk opini masyarakat bahwa cagub atau cawagub yang mau diajak swafoto dekat dengan masyarakat," ujarnya."

Selain itu, laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) www.kominfo.go.id juga mengunggah berita tersebut.

Berita itu berjudul [HOAKS] Cawapres Sandiaga Uno Berfoto dengan Romi yang Berada di Dalam Sel Penjara yang diunggah pada Senin, 25 Maret 2019.

"KATEGORI: HOAKS

Penjelasan :

Beredar postingan gambar di media sosial facebook atas nama Dien Cahyani Hayati Ningrum yang menampilkan foto Calon Wakil Presiden (Cawapres) Sandiago Uno dengan mantan Ketua Umum PPP M Romahurmuziy atau biasa di sapa Romi yang sebagai tersangka suap jual beli jabatan Kakanwil Kemenag Jawa Timur. Tampak mereka sedang berfoto bersama dan dalam foto tersebut Sandiago Uno berada di luar sel penjara, sementara Romi ada di dalam penjara.

faktanya adalah foto Sandiaga yang dibagikan akun Facebook Dien Cahyani Hayati Ningrum yang memegang handphone dengan menggunakan kaos berkerah berwarna putih ditemukan pada berita Tribunnews.com yang berjudul “Sandiaga Uno: Selfie Penting untuk Kampanye.” Berita tersebut di tayangkan pada Selasa 14 Maret 2017, dengan keterangan fotonya diambil oleh “Rizal Bomantama/Tribunnews.com” dan “Sandiaga Uno mengajak sambil mencontohkan cara swafoto yabg benar kepada anggota komunitas Jasmed di Jalan Bangka Buntu II, Pela Mampang, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2017). Dengan ini jelas bahwa yang di posting oleh Dien Cahyani Hayati tidak benar.

Link Counter :

http://www.tribunnews.com/metropolitan/2017/03/14/sandiaga-uno-selfie-penting-untuk-kampanye

https://nasional.republika.co.id/berita/nasional/hukum/pog7ky328/

https://kabartangsel.com/salah-cawapres-sandiaga-uno-berfoto-dengan-romi-yang-berada-di-dalam-sel-penjara/"

 

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Foto Sandiaga Uno sedang menjenguk dan berswafoto dengan Romahurmuziy bukanlah foto sebenarnya, melainkan hasil editan dari foto hasil jepretan wartawan Tribunnews.com.

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cek fakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS