Sukses

[Cek Fakta] Benarkah Sejumlah Media Berikan Rating Bintang Lima ke Film Hanum dan Rangga?

Liputan6.com, Jakarta - Film Hanum & Rangga yang dibintangi oleh Acha Septriasa dan Rio Dewanto telah tayang di bioskop-bioskop Tanah Air sejak 8 November lalu.

Film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya duo penulis Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra ini telah ditonton sebanyak 201.378 penonton.

Di tengah momentum rilis, beredar sebuah gambar di media sosial mengenai respons sejumlah media online terhadap film tersebut.

Dalam gambar yang telah beredar luas itu, sejumlah media online di antaranya antaranews.com, detik.com, viva.co.id, dan kapanlagi.com memberikan komentarnya terkait film Hanum & Rangga.

"Film yang menginsipirasi," demikian salah satu review media yang diunggah di dalam gambar tersebut.

Selain itu, gambar tersebut juga menampilkan rating yang diberikan oleh sejumlah media online. Mereka masing-masing memberikan rating lima bintang atas film Hanum & Rangga.

 

2 dari 3 halaman

Fakta

Redaksi situs berita online viva.co.id yang dikonfirmasi Liputan6.com tidak membenarkan bahwa review yang beredar berasal dari pihak mereka. 

Managing Editor viva.co.id, Hadi Suprapto, merasa tidak pernah diminta memberi rating untuk film Hanum & Rangga.

"Kami tidak pernah merasa dimintai (memberi) rating. Nah, terus kami biasa-lah kalau ulas film, terus kami saja kaget waktu lihat (gambar) di fanpage-nya film itu," ungkap Hadi saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Senin (12/11/2018).

Hadi mengaku pertama kali melihat gambar itu di-posting oleh akun Facebook fanpage film Hanum & Rangga. Alhasil, kata Hadi, pihaknya melayangkan komplain atas klaim sepihak tersebut.

"Itu kan karena membawa nama viva, harusnya izin dulu, dan kami nilainya juga profesional kan. Tapi, kan, ini tiba-tiba mereka ngasih rating sendiri atas nama viva," kata Hadi.

Setelah melayangkan komplain, ucap Hadi, gambar tersebut akhirnya dihapus dari unggahan fanpage Faceboook Hanum & Rangga. Kemudian, pihak Hanum & Rangga telah menyampaikan permintaan maaf.

"Kita juga komplain. Mereka sih sudah minta maaf dan langsung menurunkan itu," ucap Hadi.

Hanya saja, Hadi menambahkan, hingga kini klarifikasi yang diminta viva.co.id belum disampaikan secara resmi oleh pihak Hanum & Rangga.

"Kami minta klarifikasi kenapa ada rating keluar begitu. Tapi sampai sore ini klarifikasi belum terkirim ke kami," terang Hadi.

Sementara, Pemimpin Redaksi dan Penanggung jawab Kapanlagi.com, Ellyana Mae, menyebut bahwa masalah tersebut sudah selesai, setelah pihaknya meminta konfirmasi kepada pihak film Rangga & Hanum.

"Kami memang minta konfirmasi, dan mereka beriktikad baik serta memahami bahwa itu bukan penilaian untuk review. Sekarang masalahnya sudah clear," ucap Ellyana Mae saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Selasa (13/11/2018).

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Gambar yang berisi komentar sejumlah media online terhadap film Hanum & Rangga ternyata tidak tepat. Hal ini sudah dibantah oleh kantor berita online viva.co.id.

Setelah dikomplain oleh viva.co.id, pihak film Hanum & Rangga langsung menghapus unggahan gambar tersebut di fanpage akun Facebook mereka

Sementara, Kapanlagi.com mengatakan bahwa masalah tersebut sudah selesai setelah mendapat konfirmasi dari pihak Hanum dan Rangga.

 

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Loading
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Viral Penanganan Awal Stroke dengan Tusukan Jarum ke Ujung Jari, Faktanya?
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Viral Foto Kebakaran di Gunung Slamet, Faktanya?