Sukses

Chiellini Menuju Partai ke-300

Musim ini merupakan musim kesembilan bek Timnas Italia Giorgio Chiellini mengenakan kostum hitam-putihnya Juventus.

Musim 2013-2014 merupakan musim kesembilan Giorgio Chiellini mengenakan kostum hitam-putih milik Juventus. Chiellini, 29 tahun, diboyong Bianconeri dari Livorno di musim panas 2004 dengan fee transfer sebesar 6,5 juta euro. Namun, tak lama kemudian, Juventus melego 50 persen hak kepemilikannya pada Fiorentina yang mempekerjakannya di musim 2004-2005.

Penampilan gemilang Chiellini bersama La Viola membuat La Vecchia Signora berketetapan membeli kembali hak kepemilikannya dengan ongkos 4,3 juta euro di musim panas 2005. Di bawah arahan Fabio Capello, Chiellini menjadi pemain reguler dan berkontribusi atas gelar scudetto yang ke-29, gelar yang kemudian dicopot Federasi Sepakbola Italia menyusul skandal Calciopoli.

Meski diusir ke Serie B Chiellini tetap setia bersama Juventus. Perannya sebagai bek tengah tak tergantikan. Loyalitasnya membuat Chiellini dianugerahi jabatan kapten kedua setelah kiper Gianluigi Buffon.

Kini, di tahun baru 2014 Chiellini akan menoreh sejarah yaitu mencapai penampilannya yang ke-300 bersama Juventus andaikata kembali diturunkan pelatih Antonio Conte di laga big-match menghadapi AS Roma, Minggu, 5 Januari mendatang.

Sejauh ini, dalam sembilan musim bersama Bianconeri, Chiellini tercatat telah tampil dalam 299 partai di semua ajang kompetisi, yaitu 211 partai Serie A dengan raihan 18 gol, 32 laga di Serie B (3 gol), 13 pertandingan di Coppa Italia (satu gol), satu partai di Piala Super Italia, 31 laga Liga Champions (satu gol), dan 11 partai di UEFA Cup dan Europa League (2 gol).(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pemain sepak bola asal Italia yang bermain untuk tim nasional Italia dan klub sepak bola Juventus.
    Pemain sepak bola asal Italia yang bermain untuk tim nasional Italia dan klub sepak bola Juventus.

    Giorgio Chiellini

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.

    Juventus

Video Terkini