Sukses

Ayo! Indonesia Bisa: Kalahkan Thailand Harga Mati

Melawan Thailand, kemenangan wajib hukumnya bagi Indonesia. Sebab, Negeri Gajah Putih merupakan saingan utama di Grup B selain Myanmar.

Tim Nasional U-23 Indonesia akan menghadapi Thailand pada lanjutan pertandingan Grup B SEA Games 2013 di Thuwunna Stadium, Yangon, Kamis (12/12). Kemenangan merupakan harga mati bagi Andik Vermansyah dan kawan-kawan.

Pada laga perdana, Senin (9/12), Garuda Muda hanya menang tipis 1-0 atas Kamboja. Gol kemenangan tim besutan Rahmad Darmawan itu dicetak Yandi Sofyan. Adapun Thailand menekuk Timor Leste dengan skor 3-1.

Melawan Thailand, kemenangan wajib hukumnya bagi Indonesia. Sebab, Negeri Gajah Putih merupakan saingan utama Indonesia di Grup B selain Myanmar. Mengingat hanya dua tiket yang tersedia untuk lolos ke semifinal, maka tiga poin harus direbut Garuda Muda. Jika tidak, Indonesia akan dalam posisi tertekan pada laga terakhir melawan Myanmar.

"Lawan Thailand, kami akan turunkan strategi yang berbeda saat lawan Kamboja. Thailand adalah tim yang bagus dan terorganisir," kata RD.

Saat melawan Kamboja, Indonesia membuang begitu banyak peluang terutama melalui kaki Andik. Namun demikian, RD yakin timnya akan tampil lebih baik pada laga-laga berikutnya.

"Ketika kami bermain di salah satu turnamen beberapa waktu lalu, kami bermain buruk di pertandingan pertama. Tapi kami membaik di laga kedua dan ketiga. Saya berharap kejadian itu akan terulang disini," tambah mantan pelatih Persipura Jayapura itu.

Thailand jelas bukan tim yang bisa dipandang sebelah mata. Tim besutan Kiatisuk Senamuang itu tampil cukup baik saat menekuk Timor Leste.

"Thailand tim yang menekankan permainan lewat sayap dan terorganisir. Saya pikir pemain bernomor punggung 9, 10, 7 serta pemain cadangan nomor 18 juga bagus," ucap RD.

"Kita harus membuat zona pertahanan kita aman dengan cara bermain disiplin. Pemain depan juga harus membantu pertahanan. Yang membedakan Thailand sekarang dengan 2011, mereka kini melakukan persiapan yang lebih serius. Mereka mempersiapkan tim selama 11 bulan, itu sangat ideal dan tim mereka kompak."

RD sudah membuat beberapa opsi permainan untuk mengantisipasi perubahan strategi Thailand. "Kami sama-sama membuat evaluasi dan analisa mengenai lawan. Kami sudah bertemu dan kami membuat kesimpulan kira-kira kalau mereka tidak mengubah strategi dan komposisi pemainnya, kami kira-kira harus bermain seperti apa."

"Kami juga tentu menyiapkan konsep strategi yang pas. Jujur, Thailand hampir di semua lini mereka punya pemain yang mampu mengontrol bola dengan baik. Mereka juga punya serangan yang kuat dari sektor kanan dan kiri. Jadi itu juga yang akan menjadi fokus kami," ucap RD. Ayo! Indonesia Bisa. (Jnp)

Perkiraan Susunan Pemain
Indonesia: Meiga, Alfin, Ibo, Lestusen, Diego, Pellu, Ramdani, Andik, Dendi Santoso, Riski, Yandi Sofyan
Thailand: Ukril, Komkrit, Kaewsooktae, Jantakol, Kayem, Donchul, Attapong, Yooyen, Kroekrit, Krisorn, Rangsiyo

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.