Sukses

Siapa Pemilik Tendangan 200 Km/Jam? Ternyata Bukan Ronaldo

Siapa pemilik tendangan terkencang di dunia alias tendangan geledek paling keras? Apakah penyerang top Paris Saint-Germain Zlatan Ibrahimovic? Bukan. Apakah megabintang asal Real Madrid Cristiano Ronaldo? Juga bukan. Lalu siapa?

Penyerang tajam PSG Zlatan Ibrahimovic yang pada laga paling mutakhir melawan Anderlecht dalam ajang Liga Champions kemarin mencetak 4 gol itu ternyata 'hanya' memiliki tendangan dengan tingkat kecepatan 149,6 Km/jam. Tendangan itu sejatinya memang sangat dahsyat.

Bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo yang juga dikenal memiliki tendangan jarak jauh yang dahsyat tercatat 'hanya' memiliki sepakan dengan tingkat kecepatan 130 Km/jam. Akibat tendangan CR7 itu pernah dirasakan langsung oleh Charlie Silverwood (11). Bagian lengan bocah itu patah karena terkena bola hasil sepakan Ronaldo saat Madrid beruji tanding melawan AFC Bournemouth di Goldsands Stadium.

Ketika itu Ronaldo melakukan tendangan bebas. Bola yang ditendang CR7 melesat sangat kencang namun meleset dari gawang. Bola melambung ke atas mistar dan mengenai Charlie Silverwood yang duduk tepat di belakang gawang. Kecepatan bola hasil tendangan Ronaldo disebut-sebut 4 kali melebihi kecepatan peluncuran roket pesawat antariksa, Apollo 11, yang hanya mencapai 26,28 km per jam.

Kalau bukan Ibra dan Ronaldo, lalu siapa?

Inilah 5 pesepakbola dunia yang mempunyai tendangan geledek dengan kecepatan di atas 150 Km/jam:

1. Ronny Heberson (Sporting Lisbon) 210,8 Km/jam

Heberson mencetak gol 26 November 2006 silam lewat tendangan bebas saat melawan Naval. Winger yang kini memperkuat Hertha Berlin itu berhasil melepaskan tendangan bebas ke pojok kanan atas gawang Naval. Sporting Lisbon pun meraih kemenangan tandang 1-0. Tapi tendangan ini masih misteri dan sedang diselidiki kebenaran tayangan ulangnya.

2. Ronald Koeman (Barcelona) 188 Km/jam

Catatan kecepatan gol David Hirst hampir sama dengan rekor gol yang dilesakkan Ronald Koeman. Saat masih membela Barcelona, dia menjebol gawang lawan dengan laju bola mencapai kecepatan 188 Km/jam. Momen tersebut terjadi saat Barca menghadapi Sampdoria di partai final Piala Champions tahun 1991-1992. Ketika itu, Barcelona menjadi juara di Liga Champions.

3. David Hirst (Sheffield Wednesday) 183,4 Km/jam

Tidak semua tendangan terkeras dalam sepakbola berbuah gol. Hal itu dialami mantan striker Sheffield Wednesday, David Hirst. Mantan pemain Timnas Inggris itu hingga kini masih memegang rekor Guinness World dengan tendangan terkeras di sepakbola Inggris Raya lewat tendangannya yang mengenai mistar gawang saat melawan Arsenal pada September 1996. Tendangan Hirst di laga yang berlangsung di Highbury itu mencapai 183,4 Km/jam.

4. David Beckham (Manchester United) 157,5 Km/jam

Pada pertandingan Manchester United melawan Chelsea, Februari 1997 silam, Beckham mencetak gol lewat tendangan mencapai laju kecepatan 157 Km/jam. Sayangnya, MU waktu itu hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan Chelsea.

5. David Trezeguet (AS Monaco) 154,5 Km/jam

Pada leg 2 perempatfinal Liga Champions 2007-2008, Trezeguet mencetak salah satu gol spektakuler. Mantan bomber Juventus itu membobol gawang kiper Raimond van der Gouw lewat tendangan dengan kecepatan mencapai 154,5 Km/jam. Monaco akhirnya lolos ke babak semifinal setelah unggul produktivitas gol. (* dari berbagai sumber/Vin)