Sukses

Socceroos Akui Dekati Guus Hiddink

Federasi Sepakbola Australia (FFA) mengakui pihaknya telah mengontak dan mendekati mantan pelatih timnas di periode 2005-2006: Guus Hiddink.

Chief Executive Federasi Sepakbola Australia (FFA) David Gallop memberi konfirmasi pihaknya telah mengontak dan mendekati pelatih kawakan asal Belanda Guus Hiddink untuk kembali menjadi pelatih timnas menggantikan Holger Osieck yang dipecat menyusul kekalahan telak 0-6 dari Prancis tadi malam.

FFA berharap Hiddink mau kembali menukangi Socceroos, tim yang diantarkannya merebut tiket ke putaran final Piala Dunia (PD) 2006 dan berhasil melangkah ke babak 16 besar sebelum disingkirkan secara kontroversial oleh Italia yang akhirnya tampil sebagai juara dunia.

Seperti diketahui, menyusul kekalahan telak dari Les Bleus semalam, FFA mendepak Osieck dari jabatannya. Menurut Gallop, keputusan itu disampaikan pada pelatih asal Jerman berusia 65 tahun itu di hotel tempat tim menginap beberapa saat setelah tim tiba dari stadion. Selain Hiddink, Gallop mengakui FFA menimbang sejumlah kandidat lainnya, semisal mantan bos Liverpool, Gerard Houlier, dan dua pelatih lokal: Ange Postecoglou dan Graham Arnold.

Lebih jauh, Gallop menegaskan jika FFA lebih menginginkan pelatih yang bisa terfokus dalam mengembangkan Socceroos dalam jangka panjang serta mampu tampil kompetitif di putaran final Piala Dunia 2014 di Brasil.

“Persoalannya adalah kebutuhan peremajaan tim kami. Kami harus melihat ke depan. Tentu saja, yang terpenting adalah penampilan tim di Brasil, lalu di Asian Cu 2015, serta kami pun berhasrat kembali berlaga di Piala Dunia (2018). Jadi, keputusannya dilandaskan kepentingan tim dalam jangka panjang,” tegas Gallop.

Sementara itu, sampai Sabtu siang, Osieck masih tampak bersama anak-anak asuhannya di hotel tempat tim menginap di Paris. Sejauh ini, Osieck menolak untuk memberikan keterangan. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.