Sukses

Kalah di Babak Dua Wimbledon, Federer Gagal Pertahankan Gelar

Tumbangnya Roger Federer membuat langkah Andy Murray untuk menjadi juara jadi terbuka lebar.

Juara bertahan Roger Federer harus mengakui keunggulan peringkat 116 Sergiy Stakhovsky setelah kalah 6-7 (5-7) 7-6 (7-5) 7-5 7-6 (7-5) di babak kedua tenis Wimbledon, Rabu (26/6/13) waktu setempat.

Federer seperti frustasi menghadapi perlawanan spartan petenis Ukraina ini lewat servis dan pukulan voli mematikan. Ini menjadi kegagalan terburuknya kedua di Wimbledon setelah pada 2002 tersingkir di babak pertama. Di sisi lain, kekalahan Federer menjadi kabar baik bagi Andy Murray. Petenis asal Inggris ini dengan demikian kembali terhindar berhadapan dengan petenis unggulan.

Sebelumnya, dia bisa terhindar dalam menghadapi Rafael Nadal di babak kedua. Menyusul mundurnya Jo-Wilfried Tsonga dari babak kedua karena cedera, ini membuat Murray menjadi unggul tertinggi di Wimbledon sekarang ini.

"Ketika menghadapi Federer, Anda sepertinya berhadapan melawan dua orang: Federer dan egonya," kata Stakhovsky. "Saya selalu berharap dia tak bergerak terlalu jauh dan saya pertahankan servis saya agar bisa tie break. Ini keajaiban, ini mungkin penampilan terbaik saya. Saya berhasil meraih poin penting."

Ini menjadi prestasi terbaik petenis 27 tahun ini sejak menembus babak dua pada 2011 lalu. Dia juga tak pernah melewati fase ketiga turnamen grand slam  yang diikutinya. Ini menjadi kekalahan pertama Federer dari petenis berperingkat 100 ke bawah sejak 2005. (BBC)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.