Sukses

Hasil Euro 2024: Tekuk Belanda 2-1, Inggris Jumpa Spanyol di Final

Timnas Inggris berhasil lolos ke final Euro 2024 usai menang 2-1 atas Belanda pada laga semifinal. Ollie Watkins jadi pahlawan Tiga Singa.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Inggris berhasil melaju ke final Euro 2024 usai menang 2-1 atas Belanda pada laga semifinal yang berlangsung di Signal Iduna Park, Kamis (11/7/2024). Dua gol Inggris dicetak oleh Harry Kane dan Ollie Watkins.

Belanda sempat unggul lebih dahulu lewat Xavi Simons tapi gagal menambah gol. Dengan kemenangan ini, Inggris bakal jumpa Spanyol di laga final Euro 2024.

Jalannya Pertandingan Inggris vs Belanda

Inggris dan Belanda main dalam tempo pelan di 3 menit awal perrtandingan. Belanda mencoba serangan balik di menit ke-4, tapi bola gagal dijangkau Donyell Malen.

Belanda mengubah skor menjadi 1-0 lewat serangan balik cepat di menit ke-7 Xavi Simons yang mendapatkan ruang tembak di luar kotak penalti bisa melepas tembakan keras yang meluncur mulus ke sisi kiri gawang Jordan Pickford.

Inggris buka peluang lewat tendangan bebas yang dieksekusi Phil Foden. Tembakannya di menit ke-11 masih bisa dengan mudah diblok pemain Belanda.

Harry Kane mencoba peruntungan lewat tendangan jarak jauh di menit ke-13. Tembakannya bisa ditepis Verbruggen dengan baik. Kane melepas tembakan lagi di menit ke-14 di dalam kotak penalti, tapi dilanggar Denzel Dumfries sehingga wasit putuskan tendangan penalti!

Harry Kane mengubah skor jadi 1-1 usai eksekusi penaltinya di menit ke-18 berhasil masuk. Dia mengarahkan tendangan ke arah kiri gawang yang tak bisa dijangkau Verbruggen.

Setelah penalti, Inggris lebih banyak menyerang Belanda. Phil Foden nyaris saja membuat Inggris berbalik unggul di menit ke-23 tapi sontekannya masih bisa dihalau Denzel Dumfries.

Denzel Demfries membuat peluang emas untuk Belanda di menit ke-30. Sundulannya sayang sekali mengenai tiang, manfaatkan umpan dari tendangan sudut.

Beigtupula dengan Phil Foden. Penyerang Inggris ini melepas tendangan melengkung yang masih mengenai tiang di menit ke-32, nyaris saja cetak gol spektakuler seperti Lamine Yamal.

Hingga babak pertama berakhir, skor 1-1 antara Belanda melawan Inggris masih bertahan. Siapa bisa cetak gol tambahan di babak kedua?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Dua Belanda vs Inggris di Euro 2024

Memasuki babak kedua, Inggris dan Belanda sama-sama turunkan pemain baru. Inggris menurunkan Luke Shaw gantikan Kieran Trippier, sedangkan Belanda mainkan Wout Weghorst untuk gantikan Donyell Malen.

Kedua tim sama-sama sulit untuk menemukan celah di pertahanan lawan. Inggris dan Belanda masih buntu sampai menit ke-52, baik untuk membuka peluang atau lepas tembakan.

Belanda mendapatkan peluang emas lewat Xavi Simons di menit ke-65. Manfaatkan tendangan bebas dari Joey Veerman, Simons berhasil melepas tembakan yang masih bisa ditepis Jordan Pickford.

 Pertandingan cenderung berjalan keras. Belanda membuka peluang lewat Cody Gakpo yang mencoba manfaatkan umpan terobosan, tapi Kyle Walker berhasil mencetat bola di menit ke-74. Skor 1-1 antara kedua tim masih bertahan.

Xavi Simons membuka peluang Belanda di menit ke-78. Tembakannya yang sempat memantul ke lapangan terlalu mudah diamankan Jordan Pickford.

Fans Inggris sempat bersorak saat Bukayo Saka cetak gol di menit ke-80. Namun Kyle Walker yang memberi umpan sudah berdiri offside.

Cole Palmer mendapatkan peluang emas di menit ke-88. Namun tembakan kaki kirinya masih melambung sehingga skor 1-1 masih bertahan. Apakah duel bakal berlanjut di perpanjangan waktu?

Inggrs akhirnya mencetak gol kemenangan lewat Ollie Watkins di menit ke-90. Sambil membalikkan badan, dia membuat skor jadi 2-1 untuk Inggris lewat golnya.

Hingga pertandingan berakhir, Inggris berhasil jaga keunggulan 2-1. Ini kali kedua secara beruntun Inggris lolos ke final Euro.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Belanda vs Inggris

Belanda (4-2-3-1): Verbruggen; Dumfries, Stevan de Vrij, Van Dijk, Ake; Schouten, Reijnders; Malen, Simons, Gakpo; Memphis Depay

Inggris (3-4-2-1): Jordan Pickford; Walker, John Stones, Guehi; Saka, Mainoo, Rice, Trippier; Foden, Bellingham; Harry Kane

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.