Sukses

3 Pemain dengan Koleksi Trofi Terbanyak di 1 Klub, Legenda Manchester United Berkuasa

Sepak bola Eropa menghadirkan deretan bintang yang mampu memainkan peran kunci di klub masing-masing. Beberapa di antaranya bahkan berhasil mempersembahkan lebih dari 30 trofi saat membela 1 klub. Siapa saja mereka?

Liputan6.com, Jakarta - Ajang sepak bola, utamanya di kawasan Eropa, kian menarik untuk disaksikan akhir-akhir ini. Hal itu menyusul kemunculan bintang-bintang baru yang sanggup membantu klubnya meraih kejayaan.

Erling Haaland misalnya. Bomber asal Norwegia itu baru dua musim memperkuat Manchester City, tetapi langsung mampu mendulang 4 trofi usai mengantar timnya meraih treble winners musim lalu serta menyabet gelar Liga Inggris 2023/2024. 

Eks penggawa Borussia Dortmund pun berpotensi menambah satu gelar lagi dalam daftar prestasinya musim ini. Hal itu lantaran Manchester City masih punya satu final untuk dimainkan, yakni Piala FA melawan rival sekota Manchester United, Sabtu (25/5/2024) malam WIB.

Sementara itu di belahan Eropa lainnya, Jude Bellingham juga memberi warna segar buat Real Madrid. Pemain muda asal Inggris itu berkontribusi penting dalam mendorong skuad racikan Carlo Anceotti jadi kampiun LaLiga musim ini.

Potensi trofi pun masih dimiliki Jude Bellingham dan kawan-kawan di ajang Liga Champions. Mereka hanya perlu memetik satu kemenangan lagi dalam partai puncak kontra Borussi Dortmund, Minggu (2/6/2024). 

Terlepas dari gemilangnya bintang-bintang muda saat ini, sepak bola Eropa masih memiliki deretan legenda yang sulit ditandingi. Hal itu lantaran pemain-pemain top di era sebelumnya mampu mengoleksi lebih dari 30 trofi bersama satu klub yang sama.

Termasuk legenda Manchester United hingga megabintang Lionel Messi, simak deretan legenda Eropa dengan koleksi trofi terbanyak di satu klub pada halaman berikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Ryan Giggs (Manchester United)

Ryan Giggs merupakan salah satu bintang bersinar di bawah asuhan Sir Alex Ferguson. Dia menghabiskan seluruh karier profesionalnya di level senior dengan memperkuat Manchester United. 

Giggs pertama kalo debut bersama Setan Merah pada 2 Maret 1991. Setelahnya, dia rajin dimainkan dalam skuad MU, yang membuatnya sanggup mencatatkan 961 penampilan, 167 gol, dan 254 assists ketika pensiun dari Setan Merah pada 2014. 

Eks pesepak bola berusia 50 tahun pun kini masih menguasai daftar pemain dengan trofi terbanyak dalam satu klub. Hal itu lantaran dia mampu mengumpulkan 36 trofi bersama Setan Merah sepanjang lebih dari dua dekade, dengan 13 di antaranya diraih di Liga Inggris.

3 dari 4 halaman

2. Lionel Messi (Barcelona)

Sebelum menjadi bagian dari klub MLS, Inter Miami, sosok Lionel Messi begitu lekat dengan Barcelona. Megabintang asal Argentina itu memperkuat tim utama di klub raksasa Catalan selama 17 musim, terhitung sejak 2004 hingga 2021 silam. 

Sayangnya, kebersamaan Messi dengan Barca harus berakhir akibat situasi finansial. Barcelona tak bisa memperpanjang kontrak Lionel Messi sebab terganjal aturan salary cap yang ditetapkan LaLiga.

Kendati begitu, pemain berjuluk La Pulga tetap jadi salah satu pesepak bola paling sukses yang pernah dimiliki Barcelona. Dia tercatat sanggup mempersembahkan 35 trofi sepanjang memperkuat tim Spanyol selama hampir dua dekade.

Adapun koleksi gelar Lionel Messi bersama Barcelona mencakup 10 trofi LaLiga, 7 gelar Copa Del Rey, 4 trofi Liga Champions, serta deretan trofi lainnya.

4 dari 4 halaman

3. Xavi Hernandez (Barcelona)

Xavi Hernandez merupakan salah satu bintang yang cukup sukses menjadi pelatih. Dia balik ke Barcelona untuk mengisi jabatan juru taktik pada November 2021 dan berhasil mengantar tim raksasa Catalan keluar sebagai juara LaLiga musim lalu. 

Sayangnya, Barca di bawah kendali Xavi gagal melewati rival sengitnya Real Madrid di kampanye 2023/2024. Mereka harus merelakan trofi LaLiga jatuh ke tangan Los Blancos sebab hanya akan finis di urutan 2 klasemen musim ini. 

Terlepas dari capaian tersebut serta masa depannya yang tak lanjut menukangi Barcelona, pria berusia 44 tahun masih jadi salah satu kolektor trofi terbanyak dalam 1 klub selama memperkuat klub raksasa Catalan. 

Xavi yang berkarier sebagai pemain Barcelona sejak 1998 sampai 2015 berhasil mengumpulkan 33 gelar, termasuk 8 trofi LaLiga, 3 Copa Del Rey, serta 4 gelar Liga Champions. Dia juga tercatat telah tampil dalam 767 pertandingan untuk Barca sekaligus memberi kontribusi 85 gol dan 185 assists.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.