Sukses

4 Rekrutan Termahal Manchester United yang Gagal Bersinar di Old Trafford

Manchester United sejak dulu kerap mengeluarkan dana jor-joran untuk membeli pemain di bursa transfer. Ada yang sempat memecahkan rekor penggawa termahal dunia, tetapi nyatanya gagal bersinar di Old Trafford. Siapa saja pemain berharga mahal yang tampil mengecewakan bersama MU?

Liputan6.com, Jakarta - Manchester United tengah menjalani kampanye yang buruk di musim 2023/2024. Setan Merah sulit bersaing dan tampil kurang menggigit dalam berbagai kompetisi.

Di Liga Champions saja, skuad racikan Erik ten Hag sudah tersingkir sebelum sempat menjejakkan kaki ke fase knock-out. MU juga terancam tak tembus ke ajang serupa musim depan lantaran masih menghuni urutan 6 klasemen sementara Liga Inggris.

Padahal mengilas balik aktivitas Manchester United di bursa transfer sebelumnya, klub raksasa Premier League sebenarnya cukup aktif menggelontorkan dana untuk merekrut penggawa-penggawa mahal.

Mason Mount misalnya. Pemain asal Inggris itu sukses membuat Setan Merah menyisihkan 60 juta poundsterling agar bisa mengangkut dia dari Chelsea menuju Old Trafford.

Sayangnya begitu tiba di MU, Mount justru kurang bisa memberi kontribusi yang diharapkan. Pesepak bola berusia 25 tahun acap kali absen dari pertandingan lantaran dilanda masalah cedera.

Situs Transfermarkt mencatat Mount baru tampil dalam 16 laga untuk Manchester United di semua kompetisi musim ini. Dia juga hanya bisa membukukan masing-masing 1 gol dan assist sepanjang penampilannya bersama MU.

Mason Mount bukanlah satu-satunya rekrutan mahal Manchester United yang minim kontribusi. Jauh sebelum dia, Setan Merah sudah pernah menggelontorkan dana lebih besar untuk mengangkut pemain yang nyatanya gagal moncer bersama MU.

Simak ulasan 4 pesepak bola termahal yang dibeli Manchester United di bursa transfer, tetapi sulit menunjukkan penampilan mentereng di Old Trafford berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Paul Pogba

Paul Pogba merupakan pemain yang dibeli Manchester United dengan harga setinggi langit pada 2016. MU rela menggelontorkan 105 juta euro–atau setara Rp1,8 triliun saat ini–demi mengangkut dia dari Juventus sekaligus menjadikannya pemain termahal kala itu.

Padahal sejatinya itu bukanlah kali pertama Setan Merah mengikat kerja sama dengan Pogba. Pemain asal Prancis sudah pernah menjalani periode pertama bersama MU kala masih belia, sebelum pindah ke Juventus pada Agustus 2012.

Bersama tim raksasa Serie A, Paul Pogba pun mulai menunjukkan performa yang membuat Setan Merah ngiler lagi. Dia mengoleksi total 10 gol da 13 assists dalam 49 pertandingan di semua kompetisi musim 2015/2016 sebelum diangkut oleh MU.

Sayangnya, periode kedua Pogba di Old Trafford tak berjalan sesuai harapan. Meski bakatnya sesekali terlihat, performa pemain Prancis tidak menentu dan sering diganggu masalah cedera.

Manchester United akhirnya membiarkan dia kembali ke Juventus sebagai agen bebas pada 2022. Adapun Pogba saat ini terancam mengakhiri karier lebih cepat. Dia diberi hukuman skors empat tahun akibat terganjal kasus doping.

3 dari 5 halaman

2. Antony

Antony boleh dikata sebagai salah satu rekrutan kurang berhasil Manchester United di era Erik ten Hag. Dia pertama kali didatangkan dari Ajax Amsterdam pada musim panas 2022 dengan mahar bernilai fantastis mencapai 95 juta euro atau sekitar Rp1,6.

Sayangnya, pesepak bola asal Brasil justru gagal memenuhi banderol tingginya di Old Trafford. Dia kurang konsisten saat menjalani kampanye pertama bersama MU, dengan hanya mampu memberi kontribusi 8 gol dari 44 pertandingan di semua kompetisi.

Performa pesepak bola berusia 24 tahun kian memprihatinkan memasuki musim 2023/2024. Antony cuma tampil dalam 33 laga di berbagai ajang—dengan hanya 18 di antaranya sebagai starter—disertai sumbangsih minim 2 gol dan 2 assists.

4 dari 5 halaman

3. Harry Maguire

Harry Maguire jadi pembelian tak kalah fantastis dari Manchester United. Setan Merah mengangkut dia dari Leicester City pada musim panas 2019 dan menjadikannya sebagai bek termahal sepanjang sejarah, menggeser Virgil van Dijk sempat memegang predikat serupa usai dibeli oleh Liverpool.

Adapun MU tercatat mengeluarkan dana hingga 87 juta euro demi mendaratkan Harry Maguire di Old Trafford. Perekrutannya sempat menuai keraguan, tetapi Maguire berhasil jadi andalan Ole Gunnar Solskjaer di lini belakang dan mendapat jabatan kapten.

Sayangnya, kegemilangan bek mahal MU tak bertahan terlalu lama. Memasuki musim 2020/2021, performa Harry Maguire menurun dan mulai sering melakukan blunder. Sang pemain bahkan dilucuti dari jabatan kapten yang kini menjadi milik Bruno Fernandes.

Manchester United pun sempat ramai dilaporkan hendak melego Harry Maguire pada bursa transfer musim panas lalu, meski sang pemain nyatanya masih mengenakan seragam Setan Merah hingga kini.

5 dari 5 halaman

4. Jadon Sancho

Jadon Sancho pertama kali dibeli Manchester United dari Borussia Dortmund pada musim panas 2021. Dana 85 juta euro dikeluarkan oleh klub raksasa Liga Inggris demi mengangkut pemain yang kala itu baru berusia 21 tahun.

Akan tetapi, rekrutan mahal MU lagi-lagi gagal memenuhi banderolnya di Old Trafford. Situs Transfemarkt mencatat pemain asal Inggris cuma mampu memberi kontribusi 12 gol dan 6 assists dalam total 82 penampilan di berbagai kompetisi sejak bergabung dengan Setan Merah.

Mirisnya lagi, Jadon Sancho sempat terlibat konflik dengan Erik ten Hag menyusul cuitan kontroversialnya di media sosial usai tak dibawa bertandang ke markas Arsenal di Liga Inggris, September lalu. Dia lantas diparkir beberapa bulan oleh juru taktik Belanda sebelum akhirnya dipinjamkan ke Borussia Dortmund pada bursa transfer Januari 2024.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Paul Pogba kini menyandang status sebagai Pemain Termahal di Dunia setelah dibeli Manchester United dengan harga 105 juta Euro.
    Paul Pogba kini menyandang status sebagai Pemain Termahal di Dunia setelah dibeli Manchester United dengan harga 105 juta Euro.

    Paul Pogba

  • Antony, adalah pemain sepak bola profesional Brasil yang bermain sebagai sayap kanan untuk klub Manchester United dan tim nasional Brasil.
    Antony, adalah pemain sepak bola profesional Brasil yang bermain sebagai sayap kanan untuk klub Manchester United dan tim nasional Brasil.

    antony

  • Harry Maguire adalah pemain sepak bola profesional asal Inggris yang tergabung dalam klub Manchester United
    Harry Maguire adalah pemain sepak bola profesional asal Inggris yang tergabung dalam klub Manchester United

    Harry Maguire

  • Jadon Sancho adalah pemain sepak bola berbakat asal Inggris yang tergabung dalam klub Manchester United
    Jadon Sancho adalah pemain sepak bola berbakat asal Inggris yang tergabung dalam klub Manchester United

    Jadon Sancho

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Bursa Transfer

  • Berita Bola

Video Terkini