Sukses

Tinggalkan Manchester United ke Borussia Dortmund, Langkah Jadon Sancho Didukung Legenda Jerman

Pemain tersisih Manchester United, Jadon Sancho, makin dekat dengan kepindahan permanen ke Borussia Dortmund pada musim panas. Rencana transfer ini pun mendapat dukungan dari pesepka bola legendaris asal Jerman, Lothan Matthaus.

Liputan6.com, Jakarta - Pemain tersisih Manchester United, Jadon Sancho, makin dekat dengan kepindahan permanen ke Borussia Dortmund pada musim panas. Rencana transfer ini pun mendapat dukungan dari pesepka bola legendaris asal Jerman, Lothan Matthaus.

Sekadar informasi, Sancho memang santer dikabarkan tak bakal menjejakkan kaki lagi di Old Trafford. Dirinya pernah terlibat perselisihan dengan manjer Erik ten Hag yang membuatnya dipinjamkan ke Dortmund, Januari lalu.

Padahal Setan Merah menggelontorkan dana cukup besar untuk mengangkut Jadon Sancho dari Signal Iduna Park pada Juli 2021. Football Transfers mencatat MU rela berinvestasi 73 juta poundsterling pada pemain yang ujung-ujungnya gagal menduplikasi performa gemilang bersama klub Inggris.

Mantan timnya Borussia Dortmund lantas muncul sebagai 'penyelamat' bagi Sancho yang sempat diparkir cukup lama oleh pelatih Setan Merah Erik ten Hag akibat konflik.

Tim raksasa Bundesliga mengontrak dia dengan kesepakatan pinjaman seharga 4 juta euro pada Januari 2024, sehingga memungkinkan Sancho mengenakan seragam Die Borussen hingga akhir musim.

Bersama Dortmund, pemain tersisih MU perlahan mulai menemukan lagi performanya di lapangan. Dia sempat menyumbangkan assist dalam debut keduanya untuk tim Jerman serta mencetak gol yang mengantar BVB tembus ke perempat final Liga Champions.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Jual Jadon Sancho

Kabar soal harga jual Jadon Sancho pun mulai beredar menyusul rencana transfer permanennya ke Borussia Dortmund. Manchester United awalnya dikabarkan sudah pasrah mengalami kerugian hingga 38 juta poundsterling akibat tarif sang pemain yang merosot di pasaran.

Laporan pada pertengahan bulan ini mengungkap Borussia Dortmund hanya sanggup memberi tawaran di kisaran 35 juta poundsterling demi menebus pesepak bola berusia 24 tahun dari Old Trafford.

Akan tetapi, kabar terbaru menyebut ada harapan Setan Merah mendapat bayaran lebih besar. Lolosnya Borussia Dortmund ke 8 besar Liga Champions membuat MU berpeluang menuntut angka hingga 50 juta poundsterling dari kubu Jerman.

3 dari 3 halaman

Transfer Jadon Sancho Didukung Legenda Jerman

Terlepas dari aspek harga, kembalinya Jadon Sancho secara permanen mendapat dukungan hangat dari mantan pesepak bola legendaris asal Jerman Lothar Matthaus.

Pria yang pernah memenangkan trofi Piala Dunia serta penghargaan Ballon d'Or itu terkesan dengan kinerja pemain Inggris saat kembali ke Dortmund, dan memberi kesan positif atas rencananya kembali ke Signa Iduna Park.

"Kami senang dia kembali (ke Borussia Dortmund). Dia mengukir cerita yang bagus ketika pertama kali (bermin) bersama Borussia Dortmund," ungkap Matthaus, seperti dilansir dari Football Transfers.

"Anda bisa lihat bahwa dia membutuhkan waktu layaknya pemain yang sempat absen satu tahun. (Keputusan Manchester United waktu itu) bukanlah sesuatu yang bagus. Hal itu sama sekali tidak (berdampak) baik buat sang pemain atau buat Man United sendiri."

"Namun sekarang, dia dalam kondisi yang bagus, dia mendapatkan ritmenya, dan dia sudah mencetak gol pertamanya sejak kembali (ke Dortmund)," katanya lagi.

"Saya harap kisahnya tidak berhenti, dan saya harap dalam dua bulaan ke depan, dia akan direkrut oleh Borussia Dortmund. Saya mengharapkan hal itu, buat dia dan buat Dortmund," tandas Matthaus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.