Sukses

Hasil Vietnam vs Indonesia: Jay Idzes dan Ragnar Oratmangoen Bawa Garuda Unggul 2-0 di Babak Pertama

Timnas Indonesia unggul 2-0 atas tuan rumah Vietnam pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.di My Dinh National Stadium, Selasa (26/3/2024). Jay Idzes dan Ragnar Oratmangoen mencetak gol bagi tim tamu.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia unggul 2-0 atas tuan rumah Vietnam pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di My Dinh National Stadium, Selasa (26/3/2024). Jay Idzes dan Ragnar Oratmangoen mencetak gol bagi tim tamu.

Nakhoda Timnas Indonesia Shin Tae-yong harus mengatasi krisis pemain untuk laga ini. Marc Klok terkena cedera dan Sandy Walsh menjalani hukuman akumulasi kartu kuning. Sedangkan Ivar Jenner, Dimas Drajad, Nadeo Argawinata, dan Pratama Arhan menderita sakit dan ditinggal di Jakarta.

Dalam situasi tersebut, Shin Tae-yong langsung menurunkan dua nama yang baru saja menjalani proses naturalisasi. Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen jadi andalan bersama Nathan Tjoe-A-On, Jay Idzes, dan Justin Hubner.

Ernando Ari yang dipanggil sebagai pengganti Nadeo juga langsung masuk tim utama. Begitu pula kapten Asnawi Mangkualam yang absen beberapa hari lalu karena sanksi disiplin.

Di sisi lain, pelatih Vietnam Philippe Troussier melakukan tiga perubahan dari starter yang merumput beberapa hari lalu. Vu Van Thanh, Nguyen Tien Linh, dan Van Khang Khuat menggantikan Vo Minh Trong, Nham Manh Dung, dan Nguyen Dinh Bac.

Jalan Pertandingan Vietnam vs Indonesia

Pertandingan dimulai. Vietnam memakai seragam merah-merah dan Indonesia putih-putih. Alireza Faghani dari Iran bertindak sebagai wasit.

Indonesia mendapat sepak pojok di lima menit awal. Thom Haye mengambil dan menciptakan kemelut di depan gawang Vietnam. Tuan rumah membalas melalui tendangan Trieu Viet Hung yang masih bisa diantisipasi kiper Ernando Ari.

Hokky Caraka melepas tembakan yang bisa ditangkap kiper. Indonesia kemudian memimpin lewat Jay Idzes yang meneruskan sepak pojok Thom Haye di menit ke-9.

Vietnam coba langsung membalas. Beruntung tandukan Nguyen Tien Linh tepat ke pelukan Ernando Ari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timnas Indonesia Perbesar Keunggulan

Melalui serangan apik, Indonesia coba menerobos pertahanan Vietnam. Serangan Garuda gagal dan Vietnam melancarkan serangan balik. Jay Idzes berkorban dengan melakukan pelanggaran sehingga diganjar kartu kuning.

Gol. Indonesia mencetak angka kedua melalui Ragnar Oratmangoen. Melalui penetrasi di sisi kanan pertahanan Vietnam, dia melepas tembakan yang gagal diantisipasi penjaga gawang lawan di menit ke-23.

Vietnam menemukan lubang di pertahanan Indonesia. Beruntung eksekusi Nguyen Tien Linh masih melebar.

Untuk mengejar defisit, pelatih Vietnam Philippe Troussier memasukkan striker Nguyen Dinh Bac sebagai pengganti bek Vu Van Thanh.

Ernando Ari kembali melakukan penyelamatan. Kali ini dia mementahkan tendangan bebas Trieu Viet Hung.

Suasana memanas. Asnawi Mangkualam dan Bui Hoang Viet Anh diganjar kartu kuning. Indonesia kemudian mendapat tendangan bebas. Meski jarak terbilang jauh, Thom Haye tetap berusaha menembak. Eksekusinya jauh melenceng.

Vietnam terus mencoba di sisa waktu. Nguyen Hoang Duc mendapat kesempatan melepas tembakan, meski usahanya juga belum tepat sasaran.

Ada tambahan waktu dua menit, tapi skor tidak berubah. Hokky Caraka sempat mendapat kartu kuning sebelum babak pertama selesai.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Vietnam vs Indonesia

Vietnam: Filip Nguyen, Bui Tien Dung, Pham Xuan Manh, Phan Tuan Tai, Bui Hoang Viet Anh, Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Thai Son, Vu Van Thanh, Nguyen Tien Linh, Van Khang Khuat

Indonesia: Muhammad Adi Satryo, Jay Idzes, Justin Hubner, Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam, Thom Haye, Marselino Ferdinan, Nathan Tjoe-A-On, Ragnar Oratmangoen, Witan Sulaeman, Hokky Caraka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini