Sukses

FIFA: VAR Bisa Mulai Digunakan pada Championship Series BRI Liga 1 2023/2024

Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) menyatakan teknologi video assistant referee (VAR) sudah bisa digunakan dalam pertandingan Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 pada Mei 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) menyatakan teknologi video assistant referee (VAR) sudah bisa digunakan dalam pertandingan Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 pada Mei 2024.

Instruktur VAR FIFA Subkhiddin bin Mohammad Salleh menjelaskan, uji coba terakhir untuk penerapan VAR berlangsung pada 25-26 Maret.

"Jadi keputusannya sangat baik dan saya katakan lulus," kata Subkhiddin usai meninjau proses uji coba VAR di Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang, Banten, Senin (25/3/2024).

Lebih lanjut dia menjelaskan, uji coba terakhir di Solo berjalan baik dan juga sudah dinyatakan layak untuk diterapkan dalam tahap Championship Series Liga 1.

Subkhiddin memaparkan, rangkaian uji coba pada hari ini dilakukan kepada asisten wasit yang akan menggunakan teknologi tersebut.

"Hari ini kami mengadakan final assessment untuk menilai kemampuan, kapabilitas, dan cara berkomunikasi mereka dengan wasit yang ada di lapangan," ujar instruktur VAR FIFA asal Malaysia itu.

Meski begitu, FIFA tetap akan memantau penerapan VAR dan tetap mematangkan pemahaman wasit terkait protokol penggunaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3 Wasit VAR Bekerja di Dalam Ruangan

Project Manager Technology PT Liga Indonesia Baru (LIB) Muhammad Syafiq Bahanan mengatakan, dalam pertandingan akan ada empat wasit yang akan bertugas di lapangan, yaitu satu wasit utama, dua asisten wasit atau hakim garis, dan satu cadangan.

Sedangkan untuk membantu pengadir utama di dalam lapangan, ada tim wasit VAR yang bekerja dalam ruangan. Mereka adalah wasit VAR, asisten wasit VAR, dan operator VAR. Syafiq menambahkan, khusus wasit dan asisten wasit VAR harus berlisensi FIFA.

Untuk Liga 1, tambah dia, saat ini Indonesia memiliki 13 wasit yang berlisensi VAR dan 22 orang berlisensi asisten wasit VAR.

 

3 dari 3 halaman

Format BRI Liga 1 2023/2024

PT LIB memberlakukan dua tahap mulai BRI Liga 1 musim 2023/2024, yaitu fase Reguler Series dan Championship Series.

Championship Series bergulir setelah Reguler Series selesai dengan sistem kompetisi pada umumnya. Berdasarkan jadwal kompetisi yang dirilis PT LIB, fase reguler akan berakhir pada 28 April 2024. Sebanyak sembilan pertandingan penutup berlangsung di hari yang sama pada 28 April.

Setelah itu, penghuni empat posisi teratas pada klasemen dari 34 pertandingan kompetisi akan dipertemukan dalam Championship Series.

Berarti, juara kompetisi musim 2023/2024 akan ditentukan dalam Championship Series yang digelar pada 4-26 Mei 2024.

Berdasarkan regulasi fase itu akan berlangsung dengan format kandang-tandang. Penerapannya, peringkat pertama klasemen akhir fase Reguler Series akan bertemu dengan peringkat keempat, sedangkan runner-up akan berhadapan dengan tim peringkat ketiga.

Tim yang kalah agregat dalam pertandingan dengan skema dua leg tersebut, akan kembali dipertemukan untuk memperebutkan peringkat ketiga. Sedangkan tim yang menang akan bertarung dalam laga puncak atau final.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.