Sukses

Hasil Timnas Indonesia vs Vietnam: Skor Masih 0-0 di Babak Pertama

Timnas Indonesia bertemu Vietnam pada laga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (21/3/2024) pukul 20.30 WIB. Kedua tim masih terkunci di skor 0-0.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia bertemu Vietnam pada laga Grup F kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (21/3/2024) pukul 20.30 WIB. Kedua tim masih terkunci di skor 0-0.

Sekitar satu jam sebelum pertandingan, pelatih kedua tim merilis daftar 11 pemain pertama. Nakhoda Timnas Indonesia Shin Tae-yong langsung memasukkan dua nama baru yang saja menyelesaikan proses naturalisasi, Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On, ke tim utama. 

Kiper Nadeo Argawinata dilaporkan terkena cedera, sehingga Muhammad Riyandi dipercaya mengawal gawang sejak menit awal. Sementara nama-nama langganan seperti Rizky Ridho, Marselino Ferdinan, dan Witan Sulaeman turut diandalkan. 

Hanya lima nama yang tetap jadi starter dari tim yang menaklukkan Vietnam 1-0 pada Piala Asia 2023, Januari silam. Mereka adalah Marselino, Justin Hubner, Yakob Sayuri, Ivar Jenner, dan Rafael Struick.

Jalan Pertandingan Indonesia vs Vietnam

Pertandingan dimulai. Indonesia mengenakan seragam kandang merah-merah, dengan Vietnam memakai jersey putih-putih. Salman Falahi dari Qatar bertindak sebagai wasit.

Laga sudah berusia 10 menit. Kedua tim masih meraba-raba kekuatan lawan, dengan Vietnam mengambil inisiatif penguasaan bola. Indonesia sesekali coba melancarkan serangan balik tapi sulit keluar dari tekanan.

Vietnam tidak hanya mengancam melalui permainan terbuka. Anak asuh Philippe Troussier juga berbahaya lewat situasi bola mati, entah itu lemparan ke dalam, sepak pojok, atua tendangan bebas. Indonesia belum menunjukkan tajinya.

Timnas Indonesia bermain lebih tenang dan mulai menguasai bola. Sementara Vietnam mulai bermain keras, meski wasit tidak memberikan kartu kuning. Merah Putih mendapat kesempatan pertama dari Rafael Struick di menit ke-30. Menerobos dari sisi kanan pertahanan lawan, dia melepas tembakan yang masih tepat ke arah kiper.

Selanjutnya giliran Yakob Sayuri yang mengancam di sisi kiri pertahanan Vientam. Dia coba melepas umpan ke Hokky Caraka, sayang masih bisa dipotong. Dari sepak pojok, tendangan Marselino Ferdinan juga dapat diblok lawan.

Ivar Jenner mendapat kartu kuning pertama di laga ini pada lima menit terakhir babak pertama. Dari sepak pojok, kiper Muhammad Adi Satryo melakukan kesalahan dengan menjatuhkan bola. Beruntung blundernya tidak berbuah gol.

Skor tidak berubah di sisa waktu dengan pertandingan masih imbang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Susunan Pemain Indonesia vs Vietnam

Indonesia: Muhammad Adi Satryo, Jay Idzes, Justin Hubner, Rizky Ridho, Yakob Sayuri, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Nathan Tjoe-A-On, Rafael Struick, Witan Sulaeman, Hokky Caraka

Vietnam: Filip Nguyen, Vo Minh Trong, Bui Tien Dung, Pham Xuan Manh, Phan Tuan Tai, Bui Hoang Viet Anh, Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Thai Son, Nham Manh Dung, Nguyen Dình Bac

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini