Sukses

Manchester United vs Liverpool: Amad Kirim Setan Merah Secara Dramatis ke Semifinal Piala FA

Amad mencetak gol di menit 130 guna membawa Manchester United mendepak Liverpool dari Piala FA.

Liputan6.com, Jakarta- Manchester United menjadi tim terakhir yang lolos ke semifinal Piala FA 2023/2024. MU lolos secara dramatis setelah menang 4-3 atas Liverpool pada laga yang diwarnai saling susul menyusul gol ini. Amad Diallo Traore menjadi penentu lolosnya Setan Merah di Stadion Old Trafford, Minggu (17/3/2024) malam WIB.

MU memulai laga dengan sangat baik. Pertandingan baru berjalan 10 menit mereka sudah bisa unggul lebih dulu. Sepakan Alejandro Garnacho memang masih bisa ditepis kiper Kelleher. Namun bola muntah langsung disambar oleh gelandang Scott McTominay.

Liverpool coba membalas. Tapi sulit menembus pertahanan MU. Peluang disapat pada pertengahan babak pertama lewat sepakan voli jarak 20 yard dari Dominik Szoboszlai. Tapi masih bisa ditangkap Andre Onana.

Di menit 35 MU seharusnya bisa menggandakan skor ketika umpan tarik Marcus Rashford disambar McTominay di kotak penalti. Tapi Kelleher dengan gemilang bisa menepis tembakan McTominay.

Kegagalan McTominay ini harus dibayar mahal. Liverpool bisa menyamakan skor tiga menit kemudian lewat sontekan Wataru Endo. Beruntung bagi MU, gol ini dianulir VAR karena Mohammed Salah sudah off-side sebelum memberikan umpan.

Liverpool akhirnya bisa menyamakan skor pada menit 44. Sepakan Gelandang asal Argentina Alexis Mac Allister ke sudut sempit tak kuasa dibendung oleh Onana.

Pada masa injury time babak pertama, Liverpool berbalik unggul melalui sontekan Salah. Pemain asal Mesir ini menyambar bola reound sepakan Darwin Nunez yang ditepis Onana. MU memprotes gol ini karena merasa sebelumnya Bruno Fernandes dilanggar Joe Gomez. Tapi wasit tetap mengesahkan gol ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Antony Samakan Kedudukan

Liverpool makin percaya diri setelah berbalik unggul. Mereka mendominasi pertandingan di awal babak kedua. MU yang tertinggal justru kesulitan menciptakan peluang.

Malahan Liverpool nyaris menambah gol di menit 56 melalui Szoboszlai. Beruntung bagi MU, Onana masih sigap mengamankan gawangnya. Onana mampu menepis tembakan Szoboszlai. Sedangkan tendangan bebas Mac Allister beberapa menit kemudian masih melambung.

Untuk mengubah situasi, manajer MU Erik ten Hag memasukkan Antony. Perjudian ini terbukti tepat. MU bisa menyamakan skor pada menit 87. Antony dengan tenang melepaskan tendangan mendatar sembari membalikkan badan.

Pertandingan makin menarik. Semenit berselang Liverpool hampir unggul lagi saat umpan silang Harvey Elliot tak sengaja mengarah ke gawang. Beruntung bagi MU bola masih mengenai tiang gawang.

MU nyaris menang dramatis di detik akhir. Rashford sudah berhadapan dengan Kelleher. Sayangnya eksekusi Rashford melebar dari gawang Liverpool. Pertandingan pun harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

3 dari 4 halaman

Drama Extra Time MU vs Liverpool

Pada awal perpanjangan waktu, MU masih mengempur Liverpool habis-habisan. Antony nyaris membawa Setan Merah berbalik unggul bila saja tembakan kaki kirinya tidak meleset dari sasaran.

Di menit 105, Liverpool membuat publik Old Trafford terdiam lagi. Elliot menjebol gawang Onana. Tendangan Elliot dari luar kotak penalti membentu Christian Eriksen sehingga mengecoh Onana. Liverpool unggul 3-2.

Maguire nyaris membuat skor imbang 3-3 di awal babak kedua perpanjangan waktu. Tapi Kelleher dengan baik bisa menepis tembakan Maguire.

Papan skor akhirnya benar-benar imbang 3-3 di menit 112. Kesalahan Nunez dalam mengoper bola membuat McTominay bisa melakukan serangan balik cepat. Bola dioper ke Rashford. Kali ini sepakan mendatar Rashford membuat Kelleher terkecoh.

MU nyaris berbalik unggul di menit 116. Lewat serangan balik, Rashford mengirim umpan manja kepada McTominay. Sayangnya eksekusi McTominay meleset dari sasaran.

Secara luar biasa MU berbalik menang 4-3 di menit 120. Garnacho mencuri bola setelah Liverpool gagal melakukan sepak pojok. Pemuda Argentina itu kemudian melakukan serangan balik cepat dan memberikan umpan terobosan kepada Amad. Dengan dingin Amad memperdaya Kelleher dengan tendangan mendatar ke tiang jauh.

Amad melakukan selebrasi membuka baju sehingga harus mendapat kartu kuning kedua. Untungnya MU masih bisa mempertahankan keunggulan ini meski main dengan 10 pemain.

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain Manchester United vs Liverpool

MU: Onana, Wan-Bissaka, Dalot, Varane, Lindelof, Mainoo, McTominay, Garnacho, Fernandes, Rashford, Hojlund..

Liverpool: Kelleher, Gomez, Quansah, Van Dijk, Robertson, Endo, Szoboszlai, Mac Allister, Salah, Diaz, Nunez.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.