Sukses

PSSI Upayakan Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Debut di Laga Kedua Timnas Indonesia vs Vietnam

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengeklaim pihaknya bakal mengupayakan Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen debut saat Timnas Indonesia menghadapi Vietnam di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Selasa (26/3/2024).

Liputan6.com, Jakarta - PSSI bakal mengupayakan Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen debut saat Timnas Indonesia menghadapi Vietnam di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Selasa (26/3/2024).

Seperti diketahui, skuad Garuda sejatinya dijadwalkan dua kali bersua The Golden Star yakni pada 21 dan 26 Maret mendatang. Pasukan Merah Putih akan lebih dulu menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), sebelum gantian bertandang ke My Dinh National Stadium.

Sayangnya, dua pemain naturalisasi baru Timnas Indonesia, Thom dan Ragnar, nyaris pasti tak bisa diikutsertakan dalam laga kandang di SUGBK pekan depan. Penyebabnya, mereka belum secara resmi mendapat status WNI, sementara batas pendaftaran pemain untuk laga tersebut sudah ditutup per Rabu (13/3/2024).

Adapun Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen sejauh ini baru mengantongi berkas naturalisasi bertanda tangan Ketua DPR RI. Mereka masih harus melewati beberapa tahapan lagi, mulai dari penerimaan surat Presiden hingga pengambilan sumpah dan pembuatan identitas.

Ketua Umum Erick Thohir pun mengungkap debut keduanya akan bergantung pada timeline penyelesaian proses naturalisasi. Walau begitu, Ketum PSSI memastikan pihaknya bakal berupaya agar Thom dan Ragnar dapat memperkuat Timnas Indonesia di laga kedua kontra Vietnam.

"Kemarin Alhamdulilah (berkas naturalisasi Thom dan Ragnar) dari pimpinan DPR sudah keluar dan sudah kita terima kemarin sore. Hari ini masuk Mensesneg, semoga dalam satu-dua hari, Bapak Presiden bisa mengeluarkan suratnya dan minggu depan diambil sumpah untuk Thom Haye dan Ragnar," ucap Ketum PSSI Erick Thohir kepada awak media di Jakarta, Kamis (14/3/2024).

"(Kepastian debut Thom dan Ragnar) tergantung nanti prosesnya, karena ini kan harus (melewati tahapan pembuatan) KTP , Paspor, pendaftaran. Ini masih ada proses, bukan berarti selesai. Ya kita coba untuk Thom dan Ragnar bisa bergabung melawan Vietnam di tanggal 26 Maret," tambah dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Nasib 2 Pemain Naturalisasi Lain

Adapun selain Thom dan Ragnar, Timnas Indonesia sejatinya masih punya dua pemain lagi yang dinaturalisasi awal tahun ini. Nathan Tjoe-A-On sudah lebih dulu mengantongi status WNI usai disumpah pada 11 Maret dan berpeluang debut di laga perdana Timnas Indonesia melawan Vietnam, Kamis (21/3/2024) mendatang.

Sementara itu, Maarten Paes akan ikut gerbong Thom dan Ragnar yang masih harus menunggu jadwal pengambilan sumpah. Kiper FC Dallas juga tak dipanggil ke laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Vietnam lantaran ada proses lain yang harus diselesaikan.

"Kalau Nathan, kemarin dengan proses yang sudah dijalankan, mudah-mudahan tanggal 21 (bisa debut). Kita pastikan KTP, paspornya sudah keluar," ucap Erick Thohir kepada awak media di Jakarta.

"Untuk satu lagi, Maarten (Paes), kita masih proses karena ada hal yang perlu kita bicarakan dari berbagai pihak. Jadi itu (debutnya) masih Juni nanti," tambah Ketum PSSI.

3 dari 3 halaman

PSSI Belum Akan Tambah Naturalisasi Baru

Adapun setelah gelombang naturaliasi awal tahun ini, Erick Thohir menyebut PSSI belum berencana menambah penggawa baru dalam waktu dekat. Pihaknya masih akan mencoba komposisi dan menghitung skuad yang ada sebelum kembali merekrut nama anyar ke skuad Garuda.Erick Thohir pun mengapresiasi kerja sama DPR dalam

"Saya belum bicara mengenai penambahan (pemain naturalisasi) karena kita masih fokus (menyelesaikan) proses naturalisasi yang hari ini saja. Ini juga percepatannya sudah luar biasa," ucap ET saat ditemui awak media di Jakarta, Kamis (14/3/2024).

"Komposisi kita masih coba, dengan Ragnar di depan, Thom di tengah, jumlahnya kita lagi hitung-hitung, sudah (cukup) belum komposisinya," tandas Ketum PSSI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.