Sukses

Berkas Naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Baru Diteken DPR, Bisa Debut di Timnas Indonesia vs Vietnam?

Berkas naturalisasi untuk calon pemain Timnas Indonesia baru ditandatangani DPR RI per Rabu (13/3/2024). Lantas bagaimana debut Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen setelah keduanya dipanggil Shin Tae-yong ke skuad Garuda untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026?

Liputan6.com, Jakarta - Proses naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen mulai memasuki babak baru. Laporan di situs resmi PSSI mengungkap DPR RI telah menandatangani berkas naturalisasi pemain tersebut, sehingga mereka kini makin dekat dengan seragam Timnas Indonesia.

Seperti diketahui, skuad racikan Shin Tae-yong memang ketambahan cukup banyak pemain naturalisasi baru dari periode Desember 2023 hingga awal tahun 2024.

Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Maarten Paes menjadi nama-nama yang diplot untuk menambah kekuatan Timnas Indonesia.

Adapun dua nama pertama sudah lebih dulu menyandang status WNI. Jay Idzes disumpah di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta pada 28 Desember silam, sementara Nathan Tjoe-A-On baru saja menyusul rekannya menjadi warga Tanah Air, Senin (11/3/2024) lalu.

Sayangnya, tiga nama terakhir hingga kini belum resmi mengantongi paspor Indonesia. Padahal nama Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen sejatinya masuk dalam daftar 28 penggawa skuad Garuda yang dipanggil untuk melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Kabar mengungkap, tersendatnya peroses perubahan kewarganegaraan Thom, Ragnar, dan Maarten diakibatkan adanya masa reses yang sempat dijalani DPR RI usai PSSI menyetorkan berkas naturalisasi mereka.

Alhasil trio calon pemain Timnas Indonesia baru mendapatkan tanda tangan Ketua DPR RI Puan Maharani per Rabu (13/3/2024), meski permohonan naturalisasi mereka sejatinya udah dietujui oleh Komisi X dan Komisi III sejak Kamis (7/3/2024) lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PSSI Apresiasi Bantuan DPR RI

PSSI selaku federasi sepak bola Indonesia mengapresiasi bantuan DPR RI sepanjang berlangsungnya tahapan naturalisasi calon pemain Timnas Indonesia .

Sekjen Yunus Nusi secara khusus juga berterima kasih atas ditandatanganinya berkas permohonan pewarganegaraan oleh Ketua DPR RI, yang membuat Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Maarten Paes bisa segera menyusul dua rekannya menjadi WNI.

‘’PSSI mengucapkan terima kasih kepada Komisi X dan III DPR yang selama ini selalu membantu PSSI terkait program naturalisasi.Terima kasih juga kepada Ketua DPR, Puan Maharani yang telah menandatangani permohonan pewarganegaraan ini," ucap Yunus Nusi, seperti dilansir dari situs resmi PSSI pada Kamis (14/3/2024).

3 dari 3 halaman

Debut Thom dan Ragnar di Timnas Indonesia

Dengan baru ditandatanganinya berkas naturalisasi calon pemain Timnas Indonesia, debut Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen berpotensi sedikit tertunda. Kedua pemain kemungkinan baru bisa tampil bersama skuad Garuda di laga kedua melawan Vietnam pada 26 Maret mendatang.

Adapun skuad racikan Shin Tae-yong sejatinya bakal lebih dulu menjamu The Golden Star di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (21/3/2024). Akan tetapi, Thom dan Ragnar masih belum mengantongi status WNI hingga deadline pendaftaran skuad pada Rabu (13/3/2024), sehingga mereka tak bisa berpartisipasi di laga kandang tersebut.

"Thom Haye dan Raganar akan kita siapkan administrasinya semuanya supaya siap bertanding pada tanggal 26 Maret melawan (Timnas) Vietnam di Vietnam (My Dinh National Stadium)," papar Exco PSSI Arya Sinulingga kepada awak media, Kamis (14/3/2024).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.