Sukses

5 Calon Suksesor Xavi Hernandez di Barcelona: Siapa yang Layak Gantikan Legenda Klub?

Xavi Hernandez memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pelatih Barcelona pada akhir musim 2023/2024. Alhasil Barca kini harus berburu sosok pengganti yang layak menjadi suksesor sang legenda klub di Spanyol. Siapakah kandidatnya?

Liputan6.com, Jakarta - Barcelona akan kehilangan pelatihnya pada pengujung kampanye 2023/2024. Xavi Hernandez telah mengumumkan rencana turun dari kursi panas klub, menyusul kegagalan dia mengantar anak-anak asuhnya tampil menjanjikan musim ini.

Adapun Barca diketahui memang sudah menghanguskan kans meraih dua trofi di kompetisi 2023/2024. Robert Lewandowski dan kawan-kawan kalah dari Real Madrid di final Piala Super Spanyol serta disingkirkan Athletic Club di perempat final Copa Del Rey, Januari lalu.

Hingga memasuki pekan ke-28 LaLiga Spanyol, Blaugrana pun masih kesulitan menyodok ke puncak klasemen sementara. Tim racikan Xavi hanya mampu menempati peringkat 3 dengan perolehan 61 poin, tertinggal 8 angka dari rival sengitnya Real Madrid yang dominan di tempat teratas.

Buntut dari situasi tersebut, Barcelona harus bergerak mencari sosok baru untuk meneruskan kiprah Xavi. Sejauh ini ada beberapa nama yang mulai dikaitkan dengan kursi pelatih klub, baik dari luar maupun dalam Spanyol.

Nama juru taktik Arsenal Mikel Arteta turut masuk dalam daftar. Di samping itu ada pula Roberto De Zerbi hingga Rafa Marquez yang sudah cukup familiar dengan tim raksasa Catalan ini. Simak ulasan lengkapnya pada halaman berikut!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Mikel Arteta

Mikel Arteta merupakan nama yang cukup santer dikaitkan dengan posisi di Barcelona pada masa-masa awal mencuatnya kabar pengunduran diri Xavi. Manajer yang kini menukangi Arsenal itu memang cukup familiar dengan situasi klub Catalan lantaran dia pernah menimba ilmu bersama akademi Barca hingga bermain di tim Barcelona B.

Arteta sendiri sebenarnya sempat menampik kabar kedekatan dirinya dengan posisi pelatih Blaugrana. Kendati begitu, petinggi tim raksasa Catalan diklaim masih terkesan dengan kinerja sang pelatih selama menukangi anak-anak asuhnya di Emirates.

Adapun Arteta memang cukup piawai membawa Arsenal menjadi penantang gelar Liga Inggris dalam beberapa musim terakhir. Di bawah racikannya, The Gunners sempat lama menguasai puncak klasemen Premier League 2022/2023, sebelum akhirnya ditikung oleh Manchester City.

3 dari 6 halaman

2. Ruben Amorim

Ruben Amorim merupakan pelatih yang punya reputasi cukup baik di Portugal. Dia sukses membangun Sporting CP serta mengantar tim tersebut memenangkan gelar liga untuk pertama kalinya sejak 19 tahun terakhir pada 2021 silam.

Laporan baru-baru ini mengungkap Amorim menjadi salah satu nama yang dilirik Barcelona untuk menjadi suksesor Xavi di Spanyol. Kebetulan, juru taktik berusia 39 tahun memang diklaim cukup dekat dengan pintu keluar Sporting CP pada akhir musim.

Hanya saja Barcelona kemungkinan harus bersaing dengan tim raksasa Premier League, Liverpool, jika ingin menyegel tanda tangan Ruben Amorim musim depan. Pasalnya, The Reds juga dikabarkan mulai membidik Amorim menyusul rencana kepergian Jurgen Klopp dari Anfield pada pengujung kampanye 2023/2024.

4 dari 6 halaman

3. Roberto Martinez

Roberto Martinez adalah pelatih asal Spanyol yang saat ini menangani Timnas Portugal. Dia sebelumnya pernah bertugas di Belgia dan sukses mengantar anak-anak asuhnya finis sebagai peringkat tiga Piala Dunia 2018 sekaligus mencapai ranking pertama dunia menurut FIFA pada tahun yang sama.

Juru taktik kelahiran 1973 memang dikenal memiliki pengalaman yang luas dalam manajemen tim nasional dan telah membuktikan kpiawaiannya mengatur skuad dengan kualitas individu tinggi.

Alhasil Barcelona pun digadang-gadang tertarik menyewa jasanya untuk menjadi penerus Xavi Hernandez di klub. Tim raksasa Catalan sejatinya sempat nyaris mempekerjakan Martinez pada musim gugur 2021, sebelum Xavi mendapat mengambil alih lowongan tersebut menyusul pemecatan Ronald Koeman.

 

5 dari 6 halaman

4. Roberto De Zerbi

Roberto De Zerbi adalah pelatih muda yang tengah bertugas di Brighton & Hove Albion. Kinerjanya bersama The Seagulls cukup diakui, sehingga dia belakangan santer dikaitkan dengan klub-klub papan atas Eropa.

De Zerbi pun jadi salah satu kandidat yang dipandang cocok menempati lowongan di Barcelona musim depan. Kebetulan, mantan juru taktik Barca Pep Guardiola sendiri yang merekomendasikan dia menjadi suksesor Xavi.

Laporan Metro mengungkap presiden Barcelona Joan Laporta juga cukup menghargai saran dari Guardiola. Alhasil bos Barcelona kini terus mencermati perkembangan Brighton & Hove Albion di bawah asuhan De Zerbi selama sisa muim 2023/2024.

6 dari 6 halaman

5. Marcelo Gallardo

Marcelo Gallardo adalah pelatih asal Argentina yang dikenal berkat pencapaiannya di River Plate. Dia tercatat pernah membawa klub tersebut meraih kesuksesan besar di level klub, termasuk memenangkan dua Copa Libertadores.

Adapun Gallardo sejatinya sudah menandatangani kontrak berdurasi 18 bulan dengan klub Arab Saudi Al-Ittihad akhir tahun lalu. Namun, kabar menyebut ada kemungkinan juru taktik berusia 48 tahun pergi dari Timur Tengah musim panas mendatang, sehingga jasanya bisa saja dibajak oleh Barcelona.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini