Sukses

Barcelona Dekati Sosok Mengejutkan untuk Jadi Suksesor Xavi Hernandez

Barcelona mulai mengambil langkah krusial dalam misinya mencari manajer baru untuk menggantikan posisi Xavi Hernandez. Kabar menyebut klub raksasa LaLiga sudah mengontak sosok mengejutkan yang tengah menjabat sebagai pelatih tim nasional.

Liputan6.com, Jakarta Barcelona mulai mengambil langkah krusial dalam misinya mencari manajer baru untuk menggantikan posisi Xavi Hernandez. Kabar menyebut klub raksasa LaLiga sudah mengontak sosok mengejutkan yang tengah menjabat sebagai pelatih tim nasional.

Sebagaimana diketahui, Barca memang segera ditinggal Xavi pada pengujung musim 2023/2024. Juru taktik berusia 44 tahun memilih mundur dari jabatannya, menyusul kegagalan dia mengantar Blaugrana tampil menjanjikan di berbagai kompetisi.

Musim ini, Barcelona sudah kehilangan potensi meraih dua trofi lantaran kalah dari Real Madrid di final Piala Super Spanyol serta disingkirkan Athletic Club di perempat final Copa Del Rey, Januari lalu.

Robert Lewandowski dan kawan-kawan juga kesulitan menyerobot ke posisi teratas klasemen LaLiga sebab mereka tertinggal cukup jauh dari rival sengitnya Real Madrid.

Barcelona tercatat cuma mampu bertengger di urutan tiga dengan perolehan 57 poin dari 26 pertandingan. Sementara itu, Los Blancis dominan di puncak tabel usai mengantongi 65 poin dari 26 laga sejak awal musim.

Situasi itu lantas berdampak pada keputusan Xavi di klub. Dia memilih untuk tak lagi menukangi Barcelona, meski sang pelatih tetap berkomitmen menyelesaikan tanggung jawabnya sampai pengujung musim 2023/2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Barcelona Dekati Roberto Martinez

Barcelona pun mau tak mau dipaksa berburu sosok baru untuk menjadi suksesor Xavi musim depan. Sejumlah nama sempat dikaitkan dengan lowongan di tim raksasa Catalan, mulai dari Hansi Flick, Rafa Marquez, hingga Roberto De Zerbi.

Namun, laporan Football Transfers mengungkap ada sosok lain yang tengah didekati Barca untuk menggantikan posisi Xavi. Tim raksasa LaLiga coba melirik Roberto Martinez yang saat ini tengah bertugas di Timnas Portugal.

Juru taktik berusia 50 tahun sudah didapuk menduduki kursi panas Portugal sejak Januari 2023. Sebelumnya, dia pernah menukangi Belgia selama enam tahun dan membawa negara tersebut mencapai ranking FIFA tertinggi mereka walau harus tersingkir di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022.

Kabar menyebut Barcelona berupaya menyodorkan proposal awal berupa kontrak satu tahun disertai opsi perpanjangan satu tahun lagi. Martinez juga diberi kesempatan mengambil peran tersebut di samping pekerjaannya sebagai pelatih kepala Portugal.

3 dari 4 halaman

Barcelona Sudah Pernah Lirik Roberto Martinez

Adapun Martinez sebenarnya sudah pernah dilirik oleh Barcelona di masa lalu. Pelatih berusia 50 tahun itu nyaris mengambil alih jabatan di Camp Nou pada musim gugur 2021, sebelum Xavi mendapat pekerjaan tersebut menyusul pemecatan Ronald Koeman.

Presiden Barcelona Joan Laporta sudah lama menjadi pengagum Martinez. Sang juru taktik juga diklaim punya hubungan dekat dengan tim raksasa Catalan melalui keluarga Cruyff.

Football Transfers mengungkap Martinez sebelumnya sangat ingin mengambil lowongan di Barcelona. Dia nyaris duduk di kursi juru taktik klub, sebelum komplikasi terjadi, sehingga membuat mimpinya gagal terwujud.

4 dari 4 halaman

Posisi Barcelona di LaLiga Spanyol 2023/2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.