Sukses

Firman Utina Dirikan SSB, Bawa Mantan Pemain Timnas Indonesia

Firman Utina berkontribusi membangun sepak bola dengan mendirikan SSB di kota Tangerang.

Liputan6.com, Jakarta- Mantan pemain timnas Indonesia Firman Utina mencoba membantu sepak bola nasional dengan mendirikan akademi sepak bola di Kabupaten Tangerang. Lewat Akademi Gemilang FU15, Firman Utina berharap bisa ikut berkontribusi menyumbang pemain ke timnas Indonesia.

Akademi Gemilang FU15 berada persis di samping Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang. Akademi ini baru diresmikan Kamis (29/2/2023). Peresmian berlangsung meriah dengan dihadiri mantan rekan Firman di timnas Indonesia.

Tangerang dipilih karena punya kedekatan tersendiri dengan Firman Utina. Pria kelahiran Manado itu pernah lama sukses bermain untuk Persita Tangerang.

Saat peresmian, diadakan beberapa kegiatan. Coaching clinic untuk anak-anak usia dini. Mereka mendapatkan pengarahan bermain bola dari legenda sepakbola Indonesia mulai Markus Horison, Eka Ramdani, Pery Sandria, Enjang Rohiman, dan Rully Nere.

“Bersama Firman Utina kami bekerja sama, mengacu pada Inpres Nomor 3 Tahun 2019 tentang percepatan pembangunan persepakbolaan nasional, untuk usia dini khususnya, kita resmikan akademi sepak bola ini untuk masyarakat Tangerang Raya dan khususnya yang ada di Pasar Kemis. Harapannya nanti bisa se-Indonesia,” terang owner Akademi Gemilang FU15 Nursyamsu.

Acara peresmian juga diramaikan dengan laga eksebishi Tim Elite Pro Academy (EPA) U-16 melawan FU15FA class of 2008. Kemudian kegiatan ditutup dengan pertandingan persahabatan antara Timnas Legends yang diisi Budi Sudarsono, Atep, Firman Utina, Eka Ramdani, Rully Nere, Kashartadi, Pery Sandria, Markus Horison, juga Nur Alim melawan Persita Oldstars yang di dalamnya ada Maman juga Sekda Kabupaten Tangerang Maesyal Rasyid yang merupakan Pembina Akademi Gemilang FU15.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Niat Mulia Firman Utina

“Akademi Gemilang FU15 ini lebih konsentrasi pada pengembangan pemain muda untuk usia 8 sampai 12 tahun,” ujar Nursyamsu.

Menurut legenda sepak bola Indonesia Firman Utina, munculnya gagasan membuat akademi ini untuk memaksimalkan lapangan yang sudah ada. Setelah berkomunikasi dengan orang tua siswa, sehingga terbentuklah Akademi Gemilang FU15 untuk memberikan tempat bagi pemain usia 8 hingga 12 tahun.

“Akademi Gemilang FU15 yang ada di Kabupaten Tangerang ini, atas dukungan juga dari Pak Sekda yang sudah kami anggap senior di lingkungan sepak bola dan yang membimbing kami sejak di junior. Beliau antusias kami membentuk akademi di Kabupaten Tangerang karena banyak pemain muda potensial yang perlu wadah supaya sepak bola Indonesia semakin baik ke depannya,” jelas Firman Utina.

3 dari 3 halaman

Sambutan Mantan Pemain Timnas Indonesia

Sebagai mantan pemain Timnas Indonesia, Eka Ramdani, menyambut baik pembentukan Akademi Gemilang FU15. Pembentukan akademi ini diharapkan bisa membantu produksi pemain yang kelak bisa menjadi kebanggaan sepak bola nasional dan Timnas Indonesia.

“Saya apresiasi antusiasme anak-anak di sini. Mereka semangat mengikuti coaching clinic ini. Tadi saya memberikan materi dribbling tapi karena mereka masih anak-anak ya fun saja sih,” jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini