Sukses

Gagah Perkasa di Grup D, Irak Langsung Tersingkir Menyakitkan di 16 Besar Piala Asia 2023

Irak tersingkir di babak 16 besar Piala Asia 2023 setelah kalah menyakitkan berkat dua gol di masa injury time babak kedua.

Liputan6.com, Jakarta- Kejutan besar yang dibuat Irak dengan menjadi juara Grup D Piala Asia 2023 berakhir di babak 16 besar. Irak langsung tersingkir usai kalah 2-3 dari Yordania di Khalifa International Stadium, Senin (29/1/2024) malam WIB.

Di Piala Asia 2023, Irak tampil perkasa di fase grup. Secara mengejutkan Irak menjadi juara Grup D setelah menang atas favorit juara Jepang serta dua wakil Asia Tenggara, Vietnam dan Indonesia.

Akibat kejutan Irak yang jadi penguasa Grup D, Yordania dan Korea Selatan menjadi ogah-ogahan menang di laga terakhir Grup E. Kedua tim tidak mau menjadi juara grup agar terhindar dari bertemu Jepang di 16 besar.

Bahrain yang akhirnya harus bertemu Jepang setelah menjadi juara Grup E Piala Asia 2023 dengan mengalahkan Yordania 1-0 di laga terakhir fase grup.

Langkah Yordania menghindar dari Jepang terbukti tepat. Mereka mampu mengatasi Irak yang berstatus juara Grup D. Yordania sendiri lolos ke 16 besar dengan status salah satu peringkat tiga terbaik.

Pertemuan Irak dengan Yordania berlangsung sengit di babak pertama. Yordania mampu mencuri gol menjelang berakhirnya babak pertama melalui Yazan Al-Naimat. Setelah memotong operan pemain Irak di tengah lapangan, Yazan melakukan aksi individu sebelum memperdaya kiper lawan dengan tendangan cungkil.

Irak coba bangkit di babak kedua. Hasilnya mereka bisa menyamakan skor pada saat laga berjalan 68 menit. Saad Natiq menjebol gawang Yordania meneruskan umpan sepak pojok dari Abdulla Jassim Ali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aymen Hussein Jadi Pecundang

Gol ini membuat Irak makin percaya diri. Hasilnya mereka bisa berbalik unggul delapan menit berselang setelah tembakan dari mesin gol Aymen Hussein menembus gawang Yordania.

Baru beberapa detik jadi pahlawan, Aymen Hussein langsung menjadi pecundang. Selebrasi gol berlebihan Aymen Hussein membuatnya dihadiahi kartu kuning kedua. Irak harus main dengan 10 pemain di sisa pertandingan.

3 dari 3 halaman

Dua Gol Menit Akhir Loloskan Yordania ke Perempat Final Piala Asia 2023

Unggul jumlah pemain membuat Yordania terus menekan Irak. Beberapa peluang emas mampu mereka ciptakan. Namun gol balasan baru tercipta di masa injury time menit kelima. Yazan Al-Arab membuat gol menyambar bola muntah tepisan kiper Irak Jalal Hassan.

Secara luar biasa, Yordania berbalik unggul dua menit kemudian. Sepakan jarak jauh Nizar Al-Rashdan menjadi penentu kemenangan Yordania. Tendangannya tak kuasa dibendung oleh Hassan. Yordania menang dramatis 3-2.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.