Sukses

Hasil Piala Asia 2023 Australia vs Indonesia: Tim Garuda Tertinggal 0-2 di Babak Pertama

Timnas Indonesia menghadapi Australia bentrok pada babak 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Qatar, Minggu (28/1/2024). Pasukan Shin Tae-yong tertinggal 0-2 di babak pertama.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia menghadapi Australia bentrok pada babak 16 besar Piala Asia 2023 di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Qatar, Minggu (28/1/2024). Pasukan Shin Tae-yong tertinggal 0-2 di babak pertama.

Gol bunuh diri Elkan Baggot membuat Australia memimpin. Martin Boyle kemudian memperbesar keunggulan Socceroos jelang rehat. 

Jalan Pertandingan Australia vs Indonesia

Walau secara peringkat FIFA kalah jauh, Tim Garuda berani melawan dan mendominasi bola pada 10 menit pertama. Penguasaan tersebut berbuah peluang. Umpan silang Justin Hubner disambut Rafael Struick. Sayang sontekannya masih melambung.

Timnas Australia tidak tinggal diam dan balik menekan. Gelandang Jackson Irvine melakukan penetrasi dan coba melepas umpan silang. Sayang, bola berbelok karena membentur kaki Elkan Baggott. Kiper Ernando Ari salah mengantisipasi dan gagal mencegah bola masuk gawangnya pada menit ke-12. 

Walau tertinggal, Indonesia tetap bermain tenang. Justin Hubner coba melepas tendangan jarak jauh yang masih tepat ke tangkapan Matthew Ryan. 

Sementara usaha Yakob Sayuri dan Marselino Ferdinan juga melenceng dari sasaran. Australia jarang mengancam Indonesia. Namun, sekalinya mendapat peluang, mereka bisa memaksimalkan.

Salah satunya lewat tandukan Martin Boyle yang lepas dari penjagaan Asnawi Mangkualam di menit ke-45.

Timnas Indonesia pun tertinggal 0-2 pada jeda pertandingan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Susunan Pemain Australia vs Indonesia

Nakhoda Indonesia Shin Tae-yong tetap mengandalkan mayoritas pemain yang membawa Tim Garuda mencetak sejarah lolos ke babak gugur Piala Asia untuk kali pertama sepanjang sejarah.

Namun, sosok asal Korea Selatan itu juga membuat kejutan dengan menurunkan Shayne Pattynama untuk pertama kali di turnamen. Dia turut mengandalkan mayoritas pemain naturalisasi. Sementara kapten Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam kembali menjadi starter. 

Di kubu Timnas Australia, pelatih Graham Arnold turut mengandalkan komposisi terbaik. Termasuk gelandang Jackson Irvine yang jadi top skor tim lewat torehan dua gol.

Susunan Pemain Australia vs Indonesia:

Australia (4-3-3): Mathew Ryan, Gethin Jones, Harry Souttar, Kye Rowles, Aziz Behich; Riley McGree, Keanu Baccus, Jackson Irvine; Martin Boyle, Bruno Fornaroli, Jordan Bos

Indonesia (5-4-1): Ernando Ari; Asnawi Mangkualam, Sandy Walsh, Elkan Baggot, Jordi Amat, Shayne Pattynama; Yakob Sayuri, Justin Hubner, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan; Rafael Struick

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini