Sukses

Sambut Piala Asia 2023, Timnas Indonesia Dibantu Mantan Tangan Kanan Musuh Bebuyutan Shin Tae-yong

Shin Tae-yong mendapat pertolongan dari rekan senegara untuk menangani Timnas Indonesia. Dia bakal dibantu Choi Ju-young yang mengisi posisi fisioterapis.

Liputan6.com, Jakarta - Shin Tae-yong mendapat pertolongan dari rekan senegara untuk menangani Timnas Indonesia. Dia bakal dibantu Choi Ju-young yang mengisi posisi fisioterapis.

Choi Ju-young bukanlah sosok asing bagi Shin Tae-yong atau sepak bola Asia Tenggara. Kedua sosok pernak bekerja kala Shin Tae-yong melatih Timnas Korea Selatan U-20 2017.

Setelah itu, Choi Ju-young mendampingi Park Hang-seo di Timnas Vietnam pada periode 2019 hingga 2021. Mereka terlibat duel melawan Shin Tae-yong saat Indonesia dan Vietnam bertarung di level Asia Tenggara.

Park Hang-seo kemudian meninggalkan Vietnam, dengan Choi Ju-young ikut pulang ke kampung halaman sebelum akhirnya tawaran datang dari Shin Tae-yong.

"Dia (Shin Tae-yong) ingin kita bekerja bersama untuk membantu Indonesia di Piala Asia. Maka dari itu saya datang ke sini," kata Choi Ju-young dilansir situs resmi federasi.

"Timnas Indonesia berjuang keras dan menyambut saya dengan baik. Saya senang dengan hal itu," lanjut pria berusia 71 tahun tersebut.

Choi Ju-young sudah mendampingi Skuad Garuda pada pemusatan latihan di Turki. Di bawah komandonya, Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan kini siap bertempur di Piala Asia 2023.

"Beberapa pemain tidak berada dalam kondisi terbaik. Ada yang masih mengalami cedera ringan. Saya coba mengatur perawatan mereka. Sekarang pemain Indonesia sudah lebih baik kondisinya dan siap bertanding di Piala Asia," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timnas Indonesia di Piala Asia

Indonesia masuk Grup D Piala Asia 2023 bersama Jepang, Irak, dan Vietnam. Ajang di Qatar adalah partisipasi kelima Indonesia di kompetisi atau pertama sejak menjadi salah satu tuan rumah edisi 2007. Pada empat kesempatan sebelumnya (1996, 2000, 2004, 2007), timnas selalu kandas di grup.

Kini Indonesia berharap bisa mencetak sejarah mencapai putaran gugur untuk kali pertama. Meski, persiapan timnas menjelang turnamen terbilang buruk. Indonesia menderita kekalahan dari tiga uji coba yang dilakoni kontra Libya (dua kali) dan Iran, serta catatan gol 1-11.

3 dari 3 halaman

Skuad Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Kiper: 1- Muhamad Riyandi, 21-Ernando Ari, 26- Syahrul Trisna

Belakang: 3- Elkan Baggot, 4- Jordi Amat, 5- Rizky Ridho, 6- Sandy Walsh, 12- Pratama Arhan, 13- Edo Febriansyah, 14- Asnawi Mangkualam, 19- Wahyu Prasetyo, 20- Shayne Pattynama, 25- Justin Hubner

Tengah: 2- Yakob Sayuri, 7- Marselino Ferdinan, 8- Witan Sulaeman, 10- Egy Maulana Vikri, 15- Ricky Kambuaya, 17- Adam Alis, 23- Marc Klok, 24- Ivar Jenner

Depan: 9- Dimas Dradjad, 11- Rafael Struick, 16- Hokky Caraka, 18- Ramadhan Sananta, 22- Dendy Sulistyawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini