Sukses

Barcelona Jumpa Real Madrid di Final Piala Super Spanyol, Xavi: Mereka Tim Super, Tapi...

Barcelona akan menghadapi Real Madrid untuk kedua kali beruntun di final Piala Super Spanyol. Musim lalu, Barca berhasil menjadi juara.

Liputan6.com, Jakarta Barcelona akan menghadapi Real Madrid untuk kedua kali beruntun pada final Piala Super Spanyol yang berlangsung di Arab Saudi, Senin (15/1/2024). Barca lolos ke final usai kalahkan Osasuna 2-0.

Dua gol dari Robert Lewandowski dan Lamine Yamal sudah cukup untuk antarkan Barcelona ke final. Sedangkan Madrid lewati duel superpanas lawan Atletico Madrid.

Real Madrid harus menjalani drama 8 gol usai kalahkan Atletico Madrid 5-3. Musim lalu, Barcelona rebut gelar juara Piala Super Spanyol dengan mengalahkan Madrid 3-1.

Namun pelatih Barcelona Xavi Hernandez menilai Madrid berbeda dibandingkan tahun lalu. Meski begitu, dia tetap yakin dan termotivasi jelang duel nantij.

"Real Madrid lebih baik dibandingkan musim lalu. Mereka itu tim super, tapi kami akan mencoba dominasi mereka dan main satu lawan satu. Kami tak akan banyak berubah dan termotivasi," kata Xavi seperti dikutip Football Espana.

Barcelona dan Real Madrid berkesempatan untuk meraih gelar pertama musim ini. Juara Piala Super Spanyol bisa jadi suntikan semangat bagi kedua tim kejar prestasi lain di La Liga, Liga Champions dan Copa del Rey.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Xavi dan Barcelona Tetap Pede Jadi Juara

 

Xavi mengatakan masih tetap pede untuk menatap gelar juara Piala Super Spanyol meski melawan Real Madrid. Dia yakin karena punya gaya main yang sudah pasti.

"Saya yakin juara karena cara kami bermain, metode kami dan cara kami berkompeti lawan Real Madrid. Kami mengalahkan mereka di sini tahun lalu, begitu juga El Clasico musim ini sampai menit ke-60," kata Xavi.

"Itulah harusnya akhir pertandingan, mendominasi dan meraih kemenangan dari mereka. Biarkan DNA kami lebih terlihat dari sebelumnya, kami sangat termotivasi."

 

3 dari 4 halaman

3 Pemain Pengganti Punya Peran Penting

 

Xavi pun memuji tiga pemain pengganti saat lawan Osasuna. Mereka adalah Joao Felix, Lamine Yamal dan Pedri yang mengubah jalannya pertandingan.

"Hari ini sulit. Osasuna salah satu tim dengan pertahanan terbaik dan sulit membangun ruang dan kami tahu bakal dapatkan lebih sedikit peluang," kata Xavi.

"Felix tampil sangat baik, dia main sebagai pemain pengganti dengan baik, seperti Lamine Yamal dan Pedri. Saat Pedri main, semua jadi jelas. Dia tak kehilangan bola dan membuat tim lebih superior."

 

4 dari 4 halaman

Barcelona Kehilangan Satu Pemain Penting

 

Jelang final nanti, Barcelona kehilangan salah satu pemain pentingnnya Raphinha. Winger Brasil ini terpaksa ditarik keluar karena mengalami cedera hamstring saat melawan Osasuna.

Raphinha dikabarkan harus absen selama dua pekan. Itu artinya tak hanya melawan Madrid, Raphinha juga akan absen lawan Real Betis di akhir pekan ini.

Tanpa Raphinha, Barca bakal mengandalkan bintang muda mereka Lamine Yamal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.