Sukses

Jadon Sancho ke Borussia Dortmund, Fans Manchester United Murka Gara-Gara Hal Ini

Jadon Sancho segera kembali ke Borussia Dortmund dengan status pinjaman hingga enam bulan ini. Akan tetapi, transfer tersebut membuat fans Setan Merah murka. Apa penyebabnya?

Liputan6.com, Jakarta - Jadon Sancho segera berpisah dengan Manchester United dengan status pinjaman. Pesepak bola asal Inggris itu bakal kembali ke klub lamanya Borussia Dortmund untuk melanjutkan karier hingga enam bulan ke depan.

Namun, kembalinya Sancho ke klub Bundesliga rupanya tak disambut positif oleh penggemar Setan Merah. Kabar menyebut fans MU tengah murka akibat persoalan gaji yang ditanggung Borussia Dortmund.

Seperti diketahui, Sancho memang sudah lama menjadi pemain tak berguna di Old Trafford. Namanya dicoret dari skuad racikan Erik ten Hag menyusul konflik yang terjadi antara dirinya dengan sang pelatih sejak September lalu.

Manajer asal Belanda sejatinya sudah membuka pintu bagi Jadon Sancho untuk kembali ke tim utama. Sang pemain hanya perlu mengajukan permohonan maaf kepada Ten Hag, tetapi hal itu enggan dilakukan hingga kini.

Akibatnya, Setan Merah terpaksa melego Sancho di bursa transfer Januari. Kebetulan Borussia Dortmund berkenan menampung dia sebagai pinjaman setelah berpisah dengan sang pemain pada musim panas 2021 melalui kesepakatan senilai 73 juta poundsterling.

Pakar transfer Fabrizio Romano mengeklaim MU dan Dortmund sudah hampir menyelesaikan kesepakatan untuk Sancho. Pemain Inggris itu hanya tinggal menunggu waktu sebelum bisa bertolak ke kamp pelatihan Die Borussen.

"Keberangkatan Jadon Sancho menuju Marbella untuk bergabung dengan kamp pelatihan BVB sedang disiapkan. Rincian akhir (untuk kesepakatan ini) tengah dibahas dengan Man United," tulis Romano melalui cuitannya di X pada Jumat (5/1/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dortmund Tak Bayar Penuh Gaji Sancho

Sayangnya, Manchester United masih harus mengorbankan biaya meski telah melepas Sancho ke Bundesliga. Hal ini lantaran Borussia Dortmund tak bakal sepenuhnya menanggung tagihan gaji sang pemain selama berkarier di Signal Iduna Park.

Laporan Times yang dilansir dari SportBible mengungkap tim raksasa Bundesliga hanya menawarkan untuk membayar sekitar sepertiga dari gaji Sancho sebagai bagian dari kesepakatan pinjaman mereka.

Angka itu sontak memicu amarah fans MU, mengingat sang pemain punya besaran gaji fantastis. Kabar menyebut Sancho meraup penghasilan kurang lebih 300.000 poundstering per pekan dari Manchester United.

"(Bayaran sepertiga itu hanya) sekitar 120.000," ungkap salah seorang fans, dilansir dari SportBible.

"Mengapa kita bahkan mempertimbangkan (kesepakatan pinjaman) ini? Saya lebih suka (MU) menjual dia murah daripada membayarnya untuk bermain di tempat lain," tambah penggemar berbeda.

3 dari 4 halaman

Total Biaya yang Dikeluarkan Dortmund

Sebelumnya, pakar transfer Fabrizio Romano juga sudah sempat mengungkap perkiraan biaya yang dikeluarkan Borussia Dortmund untuk meminjam Jadon Sancho.

Klub Bundesliga memang mengeluarkan dana relatif murah, yakni hanya sekitar 4 juta euro yang sudah mencakup biaya pinjaman dan gaji pemain.

"Ini adalah langkah akhir negosiasi (antara MU dan Borussia Dortmund). Biayanya akan berkisar 4 juta euro dengan cakupan pinjaman dan gaji," tulis Romano dalam akun X-nya.

4 dari 4 halaman

MU Korbankan 5 Juta Poundsterling

Akibat situasi ini, Setan Merah harus menombok cukup banyak selama periode peminjaman Sancho. Pasalnya mengutip perhitungan Football Transfers, pesepak bola berusia 23 tahun idealnyamenerima gaji total 7,8 juta poundsterling untuk enam bulan, terhitung hingga akhir Juni.

Akan ada selisih biaya sekitar 5,2 juta poundsterling yang harus ditutupi MU jika Borussia Dortmund benar-benar hanya membayar sepertiga gaji Sancho seperti yang santer diberitakan. Namun, pihak klub diyakni masih menganggap situasi ini masuk akal ketimbang harus membayar penuh gaji pemain Inggris selama diasingkan dari tim utama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.