Sukses

Ronal Siahaan, Prajurit Kostrad yang Harumkan Nama Indonesia di Cage Warriors

Ronal Siahaan merupakan prajurit TNI AD dari Kostrad yang mampu menorehkan prestasi dunia di MMA.

Liputan6.com, Jakarta- Atlet Mixed Martial Arts (MMA) Ronal Siahaan baru saja mengharumkan nama Indonesia pada pertengahan Desember 2023. Ronal mampu meraih kemenangan di ajang Cage Warriors 165 yang berlangsung di San Diego, Amerika Serikat.

Bertarung di Sycuan Casino Resort, Ronal Siahaan mampu memenangi pertarungan melawan Andrew Johnson-Cabreara. Ronal meraih kemenangan lewat keputusan mutlak dari tiga juri dengan 30-27, 30-27 dan 30-27.

Kemenangan tersebut membuat Ronal dikontrak oleh Cage Warriors untuk lima pertandingan. Dia akan tampil lima kali di Cage Warriors dalam kurun dua tahun mendatang.

Ronal sendiri merupakan seorang prajurit TNI AD aktif. Dia bertugas di Yonarhanud 1/PBC Divif 1 Kostrad dengan pangka Praka. Karier Ronal di MMA mendapat dukungan penuh dari atasannya di Kostrad.

Tak ada hambatan sama sekali bagi Ronal untuk berlatih di Amerika Serikat cukup lama sekitar tiga bulan lebih. Perjuangan Ronal untuk menembus Cage Warriors dianggap sebagai pengabdian sehingga tak perlu mengambil cuti.

"Saya berlatih di AS cukup lama. Pastinya saya akan mengorbankan waktu saya. Ini salah satu dinas saya. Yang saya bawa bukan nama instansi lagi tapi nama negara, nama Indonesia. Ini salah satu pengabdian dan pimpinan saya mengizinkan saya. Dia malah mendukung saya. Hingga saya dikontrak Cage Warriors 5 pertandingan, saya sudah laporan kedua. Pimpinan mendukung dan memberi harapan besar bagi saya agar bisa mengibarkan merah putih," ujar Ronal dalam sesi wawancara virtual dengan media, Kamis (28/12/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ronal Siahaan Ingin Bertemu Panglima TNI

Ronal juga bersyukur sudah menggenyam pelatihan dan pengemblengan di TNI sehingga bisa cepat beradaptasi dan tidak kaget dengan proses latihan yang berat selama ikut MMA Fight Academy di Amerika Serkat sebelum turun di Cage Warriors 165.

"Salah satu yang sangat membantu saya berlatih dan bertarung adalah mental dan fisik. Fisik saya sudah terlatih. Saya tidak terkejut dengan latihan yang keras di Amerika Serikat. Untuk pertandingan saya kemarin, karena saya seorang TNI sangat berpengaruh bagi saya. Karena saya sudah terlatih dengan mental dan fisik. Saya tidak terkejut dan bisa cepat menyesuaikan dengan problem-problem pelatihan internasional."

Berkat prestasi Ronal di Cage Warriors, komandannya akan memberikan hadiah. "Pas saya kembali ke kesatuan komandan saya sangat bangga dan antusias. Saya akan diberi penghargaan tapi belum tahu apa itu penghargaannya. Kita lihat saja nanti. Saya juga ingin ingin bisa menghadap pimpinan tertinggi saya, Bapak Panglima TNI (Jenderal Agus Subiyanto)," tutur Ronal.

3 dari 3 halaman

Dukungan Atas Ronal Siahaan di Kostrad

Melihat kesuksesan Ronal di MMA, komandannya di Yonarhanud 1/PBC Divif 1 Kostrad bahkan sudah menyarankannya agar mengajak juniornya di TNI untuk bisa mengikuti jejaknya berkiprah menjadi atlet MMA.

"Saat saya kembali ke Rajawali 1 Kostrad, komandan sudah menyarankan ajaklah adik-adikmu yang siapa berbakat untuk berlatih dan kalau bisa bertarung sama seperti saya di kancah internasional. Dari situ bisa kita lihat, antusias komandan saya sangat besar untuk atlet-atlet khususnya batalyon saya dulu untuk bisa mengikuti jejak saya," imbuh Ronal.

Usai Ronal menang di Amerika Serikt, Danyonarhanud 1/PBC/1 Kostrad Mayor Arh Roma Laksana Yudha, S.A.P., M.Sos memang langsung memberikan ucapan selamat seperti yang terpampang di situs resmi Kostrad.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Praka Ronal Siahaan yang telah berusaha dan membanggakan Indonesia di tanah Tetangga khususnya Angkatan Darat," kata Roma pada 18 Desember 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini