Sukses

Piala Dunia U-17 2023: Pelatih Maroko Akui Tekanan Timnas Indonesia Sempat Merepotkan

Timnas Maroko U-17 berhasil melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 setelah berhasil mengatasi Timnas Indonesia dengan skor 3-1. Meskipun demikian, Pelatih Maroko, Said Chiba, mengakui bahwa timnya mengalami kesulitan bermain melawan Garuda Muda yang memberikan tekanan intensif sejak awal pertandingan.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Maroko U-17 berhasil melangkah ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 usai memenangkan pertandingan melawan Indonesia di laga ketiga grup A, Kamis (16/11/2023). Bermain di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Maroko menang 3-1 sekaligus mengunci posisi juara grup dengan 6 poin. 

Anas Alaoui mencetak gol pertama untuk Timnas Maroko pada menit ke-29, diikuti oleh Abdelhamid Ait Boudlal pada menit ke-39, dan Mohamed Hamony pada menit ke-64. Sedangkan satu-satunya gol yang didapat Timnas Indonesia dipersembahkan oleh Nabil Asyura pada menit ke-42.   

Menurut Pelatih Maroko, Said Chiba, tidak mudah bagi timnya memetik tiga poin dari Indonesia. Pasukannya bahkan sempat kerepotan oleh tekanan yang diberikan Garuda Muda di awal-awal laga.  

"Kami mengalami awal yang sangat sulit di menit pertama, pada 10 menit pertama. Indonesia menekan kami dengan sangat tinggi sehingga menciptakan beberapa situasi. Tapi kemudian kami dapat mengendalikannya," ucapnya usai laga di Stadion GBT Surabaya, seperti dilansir dari Antara.

Pelatih asal Casablanca itu pun menghargai usaha keras para pemain timnas Indonesia U-17 yang tetap berjuang hingga akhir laga. Meski kalah, menurutnya perjuangan Garuda Muda pantas diapreseasi.

"Saya ingin memberi apresiasi kepada tim Indonesia dan pelatih, karena semangat di menit-menit terakhir dan saya harap mereka bisa tampil baik di pertandingan selanjutnya," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sebut Indonesia Punya Talenta Muda Berbakat

Di samping itu, Said Chiba ia juga melihat bahwa Indonesia memiliki banyak pemain muda berbakat. Dia pun menyarankan agar Indonesia terus mendukung perkembangan dan pelatihan mereka. 

"Nomor 11 adalah salah satu pemain terbaik di tim Indonesia sekarang, nomor 8 adalah dia bagus, dia sudah bermain dalam tiga pertandingan, nomor 18 juga, dia datang di babak kedua, dia salah satu yang terbaik menurut saya," katanya.

"Mereka perlu dilatih dengan baik dan perlu menjaga mereka, karena mereka masih muda, sekitar umur 16-17 tahun dan saya berharap demikian," tuturnya.

 

3 dari 3 halaman

Nasib Indonesia ke 16 Besar Tergantung Hasil Laga Lain

Timnas Maroko sukses memastikan diri melangkah ke babak 16 besar setelah mengamankan kemenangan telak melawan Indonesia U-17, sekaligus meraih gelar juara grup A Piala Dunia U-17. 

Setelah pertandingan berakhir, Maroko menempati peringkat teratas dengan koleksi enam poin. Sementara Indonesia tetap berada di peringkat ketiga dengan total dua poin. Kekalahan atas Maroko membuat peluang Garuda Muda ke 16 besar sangat tergantung pada hasil pertandingan lainnya.   

Maroko akan menghadapi salah satu tim peringkat ketiga terbaik dari grup C/D/E di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya pada tanggal 21 November 2023.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.