Sukses

Ruang Ganti Manchester United Terbelah Lagi, Buntut Sikap Erik ten Hag ke 2 Pemain

Ruang ganti Manchester United kembali menghadapi gejolak di musim 2023/2024. Sejumlah pemain Setan Merah mulai terang-terangan memalingkan muka dari Erik ten Hag, buntut perlakuannya terhadap duo bintang MU Jadon Sancho dan Harry Maguire.

Liputan6.com, Jakarta Ruang ganti Manchester United kembali menghadapi gejolak di musim 2023/2024. Sejumlah pemain Setan Merah mulai terang-terangan memalingkan muka dari Erik ten Hag, buntut perlakuannya terhadap duo bintang MU Jadon Sancho dan Harry Maguire.

Sebagaimana diketahui, Sancho hingga kini memang belum kembali ke skuad utama Manchester United. Ia terlibat perselisihan dengan eks juru taktik Ajax sejak tak dibawa bertandang ke markas Arsenal dalam laga lanjutan Liga Inggris awal September lalu.

Jadon Sancho kala itu sempat mengunggah tanggapan kontroversial yang menyangkal pernyataan Ten Hag soal kurang baiknya kinerja sang pemain dalam sesi latihan. Ia juga mengaku sering dijadikan kambing hitam, yang membuat pelatih asal Belanda naik darah dan memarkirnya dari tim utama.

Mantan pemain Borussia Dortmund sejatinya sudah diberi ultimatum untuk mengajukan permohonan maaf agar bisa kembali bergabung bersama rekan-rekannya. Namun, Sancho masih bergeming dan ogah meminta maaf, walau sudah menghapus cuitannya di media sosial.

Sementara itu terkait Harry Maguire, bek internasional Inggris juga tergusur dalam kasta pemain favorit di lini belakang Setan Merah. Ia kalah saing dengan Lisandro Martinez dan Raphael Varane, sehingga kerap menjadi penghangat bangku cadangan musim lalu.

Maguire bahkan dilucuti dari posisinya sebagai kapten Manchester United pada musim panas. Ban kepemimpinan lantas diserahkan kepada Bruno Fernandes, dengan eks bintang Leicester City nyaris dilego ke West Ham lewat bursa transfer musim panas 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Erik ten Hag Terkenal Keras

Adapun Erik ten Hag sendiri memang cukup dikenal punya metode penanganan yang keras saat menghadapi pemain. Mantan juru taktik Ajax Amsterdam itu tak segan-segan memberi sanksi terhadap anak-anak asuhnya apabila terbukti melanggar aturan.

Contoh sikap keras Ten Hag terlihat dari caranya menangani megabintang Cristiano Ronaldo sebelum memutuskan pergi ke klub Arab Saudi tahun lalu.

Metro juga mencatat Erik ten Hag pernah mencadangkan Marcus Rashford akibat terlambat datang ke pertemuan tim, meski ia cukup difavoritkan lantaran punya kontribusi signifikan usai mencetak 30 gol dan 11 assists dari 56 laga di semua kompetisi musim lalu.

3 dari 5 halaman

Metode Ten Hag Mulai Dipertanyakan

Sayangnya, metode keras yang diterapkan Erik ten Hag di Manchester United nampaknya tak lagi diterima dengan baik oleh para pemain Setan Merah.

Laporan The Telegraph yang dilansir dari Metro mengeklaim sejumlah penggawa mulai mempertanyakan cara Ten Hag menangani anak-anak asuhnya, terutama yang menyangkut persoalan Sancho dan Harry Maguire.

Beberapa anggota skuad Manchester United cenderung tidak setuju dengan perlakuan keras Ten Hag terhadap pemainnya sendiri dan merasa metode yang dia terapkan pada Sancho serta Maguire justru menyulitkan tim.

Namun, terdapat pula beberapa nama di ruang ganti yang tetap memandang positif pendekatan tegas Erik ten Hag lantaran menilai hal itu perlu guna dilakukan mendongkrak klub dari keterpurukan saat ini.

4 dari 5 halaman

MU dalam Situasi Sulit

Adanya dua kubu berbeda di ruang ganti MU tak ayal menambah panjang daftar masalah Setan Merah di paruh pertama musim 2023/2024. Pasalnya tak cuma diwarnai perpecahan, Manchester United juga tengah kesulitan mengembalikan performa impresifnya di berbagai ajang.

MU diketahui baru saja tersingkir dari kompetisi Carabao Cup usai menelan kekalahan 0-3 saat menjamu Newcastle United di babak 16 besar pada Kamis (2/11/2023). Sebelumnya, Setan Merah juga takluk dengan skor identik di kandang sendiri kala menghadapi Manchester City dalam laga lanjutan Liga Inggris akhir pekan lalu.

Dengan kekalahan itu, Manchester United praktis sudah 8 kali menuai hasil minor dari 15 pertandingan yang mereka lakoni di awal musim 2023/2024. Catatan buru ini sekaligus menjadi yang pertama diraih Setan Merah sejak periode 1962/1963. MU juga sudah kalah dalam 5 dari 10 laga perdana di kandang untuk pertama kalinya sejak 1930/1931.

Walau demikian, kabar yang beredar meyakini posisi Erik ten Hag masih aman lantaran dia bakal diberi waktu oleh pihak klub untuk membalikkan keadaan.

5 dari 5 halaman

Posisi MU di Liga Inggris 2023/2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Jadon Sancho adalah pemain sepak bola berbakat asal Inggris yang tergabung dalam klub Manchester United
    Jadon Sancho adalah pemain sepak bola berbakat asal Inggris yang tergabung dalam klub Manchester United

    Jadon Sancho

  • Harry Maguire adalah pemain sepak bola profesional asal Inggris yang tergabung dalam klub Manchester United
    Harry Maguire adalah pemain sepak bola profesional asal Inggris yang tergabung dalam klub Manchester United

    Harry Maguire

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Erik ten Hag

  • Berita Bola