Sukses

Naikkan Prestasi, Hadi Tjahjanto Tantang FORKI Jabar Gelar Kejuaraan Karate Skala Internasional

Hadi Tjahjanto merasa optimistis kepengurusan FORKI Jabar yang dipimpin kembali Gianto Hartono ini, bisa menyelenggarakan kejuaraan Internasional.

Liputan6.com, Jakarta Jawa Barat dinilai sebagai daerah potensial untuk cabang olah raga karate. Di daerah ini banyak perguruan dan selalu ada track recordnya di setiap kegiatan.

Selain itu prestasi atletnya juga sangat mumpuni. Salah satunya PON, Jawa Barat, selalu bersaing dengan DKI Jakarta.

Karena itu pula, Ketua Umum PB FORKI (Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate Indonesia), Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto meminta kepengurusan baru FORKI Jabar untuk mengadakan kejuaraan karate skala internasional pada tahun ini atau awal tahun 2024 mendatang.

Permintaan itu disampaikan Hadi Tjahjanto usai melantik Kepengurusan FORKI Jabar periode 2023-2027, Jumat lalu (13/10/2023) di GOR Tri Lomba Juang, Jalan Pajajaran, Kota Bandung.

"Karena itu saya tantang, mari kita naikan prestasi dari Jawa Barat untuk menaikan prestasi Indonesia untuk dunia," tegas Hadi Tjahjanto.

Hadi Tjahjanto yang juga Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) ini merasa optimistis kepengurusan FORKI Jabar yang dipimpin kembali Gianto Hartono ini, bisa menyelenggarakan kejuaraan Internasional.

"Saya yakin bisa menyelenggarakan event internasional di Jawa Barat. Kalau bisa melakukan itu, kita sudah bisa mengatakan pada dunia, apalagi prestasi kita nanti, kita tingkatkan untuk bersaing di dunia dan mendulang emas lebih banyak di event-event internasional berikutnya," kata Hadi Tjahjanto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

FORKI Jabar Siap Gelar Kejuaraan Dunia

Sementara itu, Ketua Umum FORKI Jabar, Gianto Hartono menegaskan pihaknya sangat siap menjawab tantangan tersebut. Bahkan menurutnya, cukup mudah untuk bisa menggelar kejuaraan dunia.

"Mendatangkan kejuaraan dunia itu lebih mudah daripada mendatangkan prestasi-prestasi atlet kita di Indonesia," sebut Gianto Hartono.

Saat ini kata Gianto Indonesia memang sedang berusaha untuk menjadi tuan rumah kejuaraan internasional di 2024, seperti Asia Karate Federation (AKF) dan World Karate Federation.

3 dari 3 halaman

Tanggapan Luar Negeri Sangat Positif

"Dan kebetulan juga di tahun depan, menuju ke Bandung itu sudah mudah karena naik kereta api cepat dan tidak jadi kendala. Di luar negeri juga tanggapannya positif dan luar negeri ingin melihat Indonesia yang lain, tidak hanya Jakarta," kata Gianto.

"Jadi Jawa Barat sangat menyambut itu, tinggal ketok palu di Kongres akhir tahun ini, apakah kita dapat tuan rumah atau tidak, karena negara lain juga berusaha tentunya, biding," kata Gianto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.