Sukses

Hasil Asian Games 2023: Timnas Indonesia U-24 Disingkirkan Uzbekistan

Timnas Indonesia U-24 kalah 0-2 dari Uzbekistan pada babak 16 besar cabang sepak bola Asian Games 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-24 harus menghentikan langkahnya pada babak 16 besar cabang sepak bola Asian Games 2023. Skuad Garuda kalah 0-2 dari Uzbekistan dalam laga di Stadion Shangcheng Sports Centre pada Kamis (28/9/2023) sore WIB.

Timnas Indonesia U-24 berada dalam tekanan sejak laga dimulai. Bahkan, Uzbekistan telah mengancam saat laga baru berlangsung satu menit. Tetapi, bek tengah Rizky Ridho dengan sigap memblok bola yang ditendang Husein Nurchaev masih bisa diblok Rizky Ridho.

Pasukan Merah Putih cukup disiplin dalam menghadapi serangan Uzbekistan. Selain itu, serangan balik yang dilancarkan skuad Indra Sjafri membuat lini pertahanan Uzbekistan untuk waspada.

Pada menit ke-27, tendangan bebas Uzbekistan masih dapat digagalkan pemain-pemain Indonesia. Kiper Ernando Ari Sutaryadi melakukan penyelamatan dan Bagas Kaffa mengamankan bola meski ditekan oleh Ulugbek Khoshimov tiga menit berselang.

Uzbekistan mencoba mencetak gol dari tembakan jarak jauh. Tetapi, upaya Jalolidinov pada menit ke-42 masih bisa ditepis kiper Ernando.

Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia U-24 berusaha keluar dari tekanan. Tetapi, Uzbekistan terus memberikan ancaman.

Pada menit ke-57, tendangan Khusain Norchaev di dalam kotak penalti masih menyamping dari gawang Indonesia. Dua menit kemudian, tembakan Ulugbek Khoshimov yang belum menghasilkan gol.

Uzbekistan kembali mendapat peluang mencetak gol di menit ke-65. Namun, tandukan Alibek Davronov masih melayang tipis di atas mistar gawang Ernando Ari Sutaryadi.

Timnas Indonesia U-24 akhirnya mendapatkan peluang pada menit ke-84. Sayang tendangan jarak jauh Muhammad Taufany masih melambung.

Babak kedua pun berakhir 0-0 dan pertandingan dilanjutkan ke perpanjangan waktu.

 

3 dari 4 halaman

Babak Perpanjangan Waktu

Baru satu menit memasuki babak perpanjangan, gawang Timnas Indonesia U-24 akhirnya kebobolan. Sepak pojok Jasurbek Jaloliddinov dituntaskan pemain pengganti Sherzod Esanov menjadi gol.

Tertinggal 0-1, Timnas Indonesia masih kesulitan untuk melancarkan serangan berbahaya. Tapi, pada menit ke-110 skuad racikan Indra Sjafri sempat mencetak gol.

Tendangan bebas Rizky Ridho di sisi kanan pertahanan Uzbekistan yang disundul Ramadhan Sananta masuk ke gawang Vladimir Nazarov. Namun, gol itu dianulir lantaran hakim garis mengangkat bendera tanda offside.

Keputusan ini sempat diprotes para pemain Indonesia dan dipertanyakan pelatih Indra Sjafri. Tapi, dari tayangan ulang memang terlihat Sananta sudah offside terlebih dahulu sebelum menanduk bola umpan Rizky Ridho.

Tak lama berselang, Indonesia harus bermain dengan 10 pemain karena Hugo Samir digajar kartu merah akibat terlalu emosi. Unggul jumlah pemain, Uzbekistan mencetak gol kedua ketika babak perpanjangan waktu akan berakhir.

Sontekan Sherzod Esanov meneruskan umpan tarik Ibrokhimkhalil Yuldoshev tak bisa diantisikasi kiper Ernando. Skor 2-0 bertahan hingga pertandingan usai.

 

4 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-24: Ernando Ari Sutaryadi, Bagas Kaffa, Rizky Ridho Ramadhani, Andy Setyo Nugroho, Alfeandra Dewangga; Dony Tri Pamungkas, Muhammad Taufany Muslihuddin, Syahrian Abimanyu; Egy Maulana Vikri, Ramadhan Sananta, Ramai Rumakiek.

Pelatih: Indra Sjafri.

Uzbekistan: Vladimir Nazarov; Saidazamat Mirsaidov, Mukhamadkodir Khamraliev, Alibek Davronov; Ibrokhim Ibragimov, Ulugnek Khosimov, Jasurbek Jaliliddinov, Yuldoshev Ibrokhimkhalil, Diyor Kholmatov; Khusain Norchaev, Rusian Jiyanov.

Pelatih: Timur Kapadze.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.