Sukses

Hadapi Uzbekistan di 16 Besar Asian Games 2023, Indra Sjafri Ingin Timnas Indonesia U-24 Ukir Sejarah

Pelatih Timnas Indonesia U-24 Indra Sjafri punya ambisi besar buat anak-anak asuhnya ajang di Asian Games 2023. Juru taktik berusia 60 tahun tersebut hendak mengantar Garuda Muda melaju hingga 8 besar demi mengukir sejarah baru di ajang olahraga multievent level Asia

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-24 bakal segera melakoni babak 16 besar Asian Games 2023 Hangzhou. Pasukan Garuda Muda dijadwalkan bersua dengan Uzbekistan di Shangcheng Sports Centre Stadium, Kamis (28/9/2023) pukul 15.30 WIB. 

Pasukan Merah Putih sebelumnya cukup terseok-seok untuk tembus dari fase grup. Rizky Ridho dan kawan-kawan kalah beruntun dari Chinese Taipei dan Korea Utara, meski sempat menumbangkan Kirgistan dengan 2-0 di matchday perdana. 

Catatan tersebut membuat Garuda Muda tak bisa lolos lewat jalur juara dan runner-up grup. Timnas Indonesia U-24 baru dipastikan merebut tiket 16 besar setelah berhasil memperebutkan slot peringkat 3 terbaik. 

Kendati tampil kurang maksimal saat babak penyisihan, pelatih Timnas Indonesia U-24 Indra Sjafri rupanya punya ambisi besar buat anak-anak asuhnya di Asian Games 2023. 

Juru taktik berusia 60 tahun tersebut hendak mengantar Garuda Muda melaju hingga 8 besar demi mengukir sejarah baru di ajang olahraga multievent level Asia.

"Sebenarnya dari target yang dicapai, 16 besar ini sudah sama dengan pencapaian dari Indonesia di (Asian Games) 2018. Kita juga lolos ke 16 besar. Gagal di babak selanjutnya," tutur Indra Sjafri jelang laga melawan Uzbekistan.

"Kita di latihan sampaikan, kita punya kesempatan untuk bisa buat sejarah ke 8 besar. Tidak gampang memang. Perlu kerja keras dan usaha." 

"Saya sebagai pelatih dan staf menyiapkan apa saja yang disiapkan. Game plan untuk pertandingan besok sore (melawan Uzbekistan)," sambungnya pada Rabu (27/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kondisi Timnas Indonesia U-24 Jelang 16 Besar Asian Games 2023

Lebih lanjut, Indra Sjafri mengungkap Timnas Indonesia U-24 secara umum gengab berada dalam kondisi baik. Pasukan Garuda Muda juga sudah ketambahan amunisi baru berkat kehadiran Ramadhan Sananta yang sempat ditahan oleh Persis Solo.

"Kondisi tim saat ini baik sekali. Mereka siap berjuang untuk bisa menangkan pertandingan di fase knock out lawan Uzbekistan," tutur pelatih Timnas Indonesia U-24. 

Indra Sjafri pun menyampaikan apresiasi kepada klub-klub liga Indonesia yang sudah mau bekerja sama merelakan pemain-pemainnya untuk tampil di Asian Games. Menurut dia, performa Garuda Muda saat ini menjadi bukti adanya perkembangan kualitas kompetisi dalam negeri. 

"Kami apresiasi para pelatih dan pemilik klub yang sudah berikan izin, dan terbukti pemain2 yang bermain di klub sekarang kualitasnya makin bagus," ujar Indra Sjafri. 

"Ini pertanda kualitas kompetisi kita lebih baik. Ini terbukti para pemain yang kami rekrut tanpa melakukan TC jangka panjang, kita bisa melakukan pertandingan dengan baik," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Jadwal Timnas Indonesia U-24 vs Uzbekistan di Asian Games 2023

Uzbekistan vs Timnas Indonesia U-24

Lokasi: Shangcheng Sports Centre Stadium, Hangzhou

Hari, tanggal: Kamis, 28 September 2023

Kick-off: 15.30 WIB

Siaran Langsung TV: RCTI

Live streaming: Vision Plus (https://www.visionplus.id/channel/517/Soccer-Channel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.