Sukses

Rayakan Haornas, 500 Pelari Ramaikan Dash Fest Edisi Kedua

500 pelari dari 30 komunitas di Jabodetabek mengikuti Dash Fest jilid dua di kawasan Senayan Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta- Merayakan momen spesial kiprah 3 tahun Dash Sports dan Hari Olahraga Nasional, sekitar 500 pelari yang berasal dari sekitar 30 komunitas lari dan olahraga di Jabodetabek turut serta meramaikan Dash Festival Vol. 2.

Seperti diketahui Dash Sports merupakan pengaggas sekaligus pelopor hub olahraga yang menghubungkan penggemar olahraga, klub olahraga, acara olahraga, dan komunitas serta diiniasi pada tahun 2020 di Stadion Madya Gelora Bung Karno.

“Kami begitu bersyukur atas kiprah 3 tahun ini dan menyadari di usia yang relatif muda, misi dan komitmen Dash Sports tetap kuat dalam mengusung dan menyebarkan semangat olahraga keluarga dan komunitas urban. Untuk itu, dalam momen istimewa ulang tahun ke-3 tahun Dash Sports sekaligus Hari Olahraga Nasional ini kami menghadirkan event-event olahraga yang seru dan berkualitas seperti Dash Fest Vol. 2 ini untuk masyarakat pegiat olahraga," ujar Penggagas & CEO Dash Sports, Alit Aryaguna.

"Kami terus mengupayakan yang lebih baik dari sisi penyelenggaraan dan manajemen event, maupun keragaman cabang olahraga yang dihadirkan dan juga peserta yang terlibat yang berasal dari banyak komunitas olahraga Jakarta dan sekitarnya," lanjut Alit.

Lebih jauh Alit menjelaskan bahwa, mengambil tema Urban Sports Festival, Dash Sports menjawab antusiasme tinggi masyarakat ibukota, khususnya komunitas-komunitas lari atau olahraga di Jabodetabek.

“Lomba lari tetap menjadi yang favorit, karena merupakan core dari Dash Sports. Selain itu, nomor yang dilombakan juga berbeda dengan nomor lomba yang umum dilombakan, karena hanya di Dash Fest ini peserta dapat merasakan sensasi berlomba di lintasan lari (track) layaknya para atlet berkompetisi.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pandemi Covid-19 Mengubah Gaya Hidup Masyarakat

Sementara itu, Chief Strategic Officer Dash Sports, Imam Sulisto menyampaikan bahwa pandemi membawa banyak perubahan di masyarakat, tingkat kesadaran masyarakat untuk sehat semakin tinggi, dan salah satu kegiatan untuk menunjang kesehatan adalah olahraga, terutama di kota-kota besar, termasuk Jabodetabek.

“Urban sports menjadi pilihan karena membawa warna yang berbeda pada dunia olahraga. Olahraga menjadi tidak selalu harus dilakukan di fasilitas olahraga saja, tetapi bisa dimana saja dan dapat dilakukan dengan alat apa saja. Hal ini membuat olahraga menjadi menarik bagi siapa saja, dan non-atlet pun bisa ikut mencoba olahraga yang sebelumnya hanya dapat dilakukan oleh seorang atlet. Mat Pilates for Runners, Urban Work Out, lead by Coach Nano dan Boot Camp by Bodyfit, adalah beberapa dari kegiatan urban sports yang umumnya dilakukan oleh kaum urban, yang spesial kami hadirkan dalam Festival ini,” tambah Imam.

3 dari 4 halaman

Kegiatan Sosial di Sela Olahraga

Sports Coordinator Dash Sports, Yori Hehanussa memaparkan, “Main Event Dash Fest kali ini berupa lomba lari dan nomor lomba antara lain Individu One Mile dengan jarak 1600 meter dan Mixed Relay dengan jarak 100 meter x 4 di mana menggunakan track lari yang ada di Stadion Madya. Sedangkan untuk Mat Pilates for Runners by Yoshi Walangitan, Urban Work Out lead by Coach Nano dan Boot Camp by Bodyfit, para peserta melaksanakannya dengan latar belakang suasana gedung-gedung pencakar langit ibu kota di waktu sore dan malam hari akhir pekan yang seru.”

Lebih jauh Yori menyampaikan Thalassemia Movement, menjadi salah satu ajang exhibition di Dash Fest Vol.2 The Urban Sports Edition. Para penderita Thalassemia akan menyuarakan kampanye kesadaran dengan turun jogging, berlari sejauh 400 meter bersama di track Stadion Madya. Ini bagian dari upaya mengangkat awareness terkait penyakit Thalassemia kepada audience Dash Fest Vol.2 sekaligus masyarakat.

Salah satu penyintas Thalassemia, Fadel Nooriandi yang juga pegiat olahraga mengatakan bahwa menjadi penyintas yang bisa rutin berolahraga adalah sebuah kebahagiaan yang luar biasa dan berdampak baik untuk tubuhnya.

“Tak hanya itu sosialisasi juga dapat dibangun ketika berolahraga di tempat ramai. Olahraga bersama Dash Sports contohnya mereka yang biasa mengikuti olahraga di komunitas ini dapat saling bersosialisasi, mendapat teman baru, juga bisa membuat olahraga menjadi menyenangkan,” ujar Fadel bersemangat.

 

4 dari 4 halaman

Gaungkan Kesehatan Mental

Dash Sports menangguk peserta dan antusiasme khalayak yang cukup tinggi semenjak berbagai program diselenggarakan aplikasi hub olahraga ini sejak tahun lalu.

Keseruan lomba Urban Sports dan lari di Dash Fest Vol.2 2023 ini makin bertambah sengit dengan persembahan musik urban yang diiringi DJ Line Up: DJ Joyo, Odeq (PELARIAN), Rio Farabi (WSATCC), Ardi (ADROITZ), Dionysius dan Soulfulride (Selari) yang bermain pada menjelang sunset di Stadion Madya Gelora Bung Karno Senayan.

Highlight spesial dari ajang Dash Fest Vol. 2 adalah digelarnya ajang #pelarianweekenders, sebuah kampanye terbuka dan collective movement bagian dari modern-day culture yang menyasar kaum muda generasi milenial dan gen-Z untuk mengajak peduli dan menumbuhkan kesadaran kolektif akan isu kesehatan mental.

Dash Sports yang merupakan salah satu mitra utama kolaborasi, bersama penggagas movement, Creative Tribe dan sejumlah mitra lainnya seperti Hati Plong, Vox Populi Publicists dan RAD serta puluhan pegiat movement #pelarianweekenders membuka ajang Dash Fest Vol. 2 dengan berlari di sekitar Stadion Madya Gelora Bung Karno sejauh 3 kilometer sambil membagikan stiker #pelarianweekenders sebagai upaya menggaungkan mental health awareness kepada masyarakat di sekitar stadion.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini