Sukses

Hansi Flick Dipecat, Pelatih Liverpool Jurgen Klopp Isi Lowongan di Timnas Jerman?

Pelatih Liverpool Jurgen Klopp nampaknya sudah punya kandidat pekerjaan baru apabila dirinya memilih berpisah dari The Reds. Meski masih memiliki kontrak hingga 2026 di Anfield, Klopp santer dikaitkan dengan jabatan di Timnas Jerman usai DFB memecat Hansi Flick dari posisinya.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Liverpool Jurgen Klopp sudah punya proyek pekerjaan baru apabila dirinya memilih berpisah dari The Reds.

Meski masih memiliki kontrak hingga 2026 di Anfield, Klopp santer dikaitkan dengan jabatan di Timnas Jerman usai DFB selaku asosiasi sepak bola Jerman memecat Hansi Flick dari posisinya.

Melanisir laporan Mirror, Flick memang sudah berada di bawah tekanan sejak dia gagal membawa Jerman melangkah jauh dalam kompetisi Piala Dunia 2022.

Tim Panser kala itu terdepak dari babak penyisihan usai kalah saing dibanding Jepang dan Spanyol yang menghuni dua peringkat teratas klasemen Grup E.

Nestapa Timnas Jerman lantas berlanjut di tahun 2023. Anak-anak asuh Hansi Flick berturut-turut gagal memetik kemenangan saat melakoni laga uji coba kontra Belgia, Ukraina, Polandia, dan Kolombia.

Puncaknyam Jerman menelan kekalahan melakukan dari Jepang pada Minggu (10/9/2023). Mereka harus rela mengakui keunggulan lawan setelah dipaksa tunduk 1-4 dalam pertandingan yang dihelat di Volkswagen Arena.

Rentetan hasil minor tersebut membuat DFB tanpa basa-basi langsung memutuskan untuk mencabut Flick dari jabatannya. Pihak asosiasi pun resmi merilis pengumuman terkait pemecatan pelatih Timnas Jerman beberapa jam pasca kekalahan.

"Berdasarkan hasil rapat pemegang saham dengan dewan pengawas DFB GmbH and Co. KG, serta seturut saran Presiden DFB Bernd Neuendorf, hari ini diputuskan bahwa pelatih tim nasional Hansi Flick beserta dua asisten pelatih Marcus Sorg dan Danny Rohl dipecat," tulis DFB melalui cuitan di akun X resminya pada Minggu (10/9/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jurgen Klopp Dikaitkan dengan Timnas Jerman

Buntut dari pemecatan tersebut, nama Jurgen Klopp kini ikut tergeret sebagai salah satu kandidat potensial untuk menggantikan pelatih Hansi Flick di Timnas Jerman.

Laporan Mirror mengungkap Klopp memang dipandang sebagai salah satu manajer terbaik dunia dan diharapkan mampu menciptakan terobosan besar bagi tim panser yang bakal menjadi tuan rumah Euro 2024.

Track record Klopp juga sudah cukup terbukti selama menjalani karier bersama Liverpool di Anfield. Pelatih asal Jerman sukses mengantar anak-anak asuhnya menyabet trofi kompetisi bergengsi, mulai dari Liga Champions, Piala Super UEFA, Piala Dunia Antarklub, Liga Inggris, hingga Piala Liga alias Carabao cup.

3 dari 3 halaman

Jurgen Klopp Terbuka Latih Tim Nasional, tapi...

Adapun Jurgen Klopp sendiri sebelumnya memang tak menampik bakal merasa terhormat apabila diberi kesempatan untuk melatih Timnas Jerman.

Kendati demikian, ia mengaku ogah memutuskan kontrak di Liverpool, dengan Jurgen Klopp masih terikat kesepakatan bersama klub Anfield hingga musim panas 2026 mendatang.

"Tugas melatih tim nasional bakal menjadi kehormatan besar, tak ada keraguan soal hal itu. Akan tetapi, masalah yang menghalangi (kepindahan ke Jerman) adalah kesetiaan saya (terhadap Liverpool)," ujarnya kepada Sky Germany, seperti dilansir dari Sportskeeda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.