Sukses

Yamaha Indonesia Gelar One Make Race di Sirkuit Mandalika, Hadirkan 2 Kelas Baru Aerox dan MX King

Meski berlangsung di lokasi yang cukup jauh, bLU cRU Yamaha Sunday Race dan Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival telah melebihi target peserta.

Liputan6.com, Jakarta Ajang balapan One Make Race Yamaha bakal menghadirkan nuansa baru. Dikemas dengan nama bLU cRU Yamaha Sunday Race dan Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival, balapan ini untuk pertama kali akan berlangsung di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Dua event besar akan menghadirkan 13 kelas untuk untuk BlU cRU Yamaha Sunday Race dan 3 kelas di Shell bLU cRU Endurance. Yamaha Sunday Race berlangsung dua seri pada 19-20 Agustus dan 16-17 Desember 2023. Sedangkan Yamaha Endurance akan berlangsung 21-23 Oktober 2023.

Presiden Director dan CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Dyionisius Beti, dalam jumpa pers antusias menyambut kegiatan ini. Apalagi, jarak sirkuit yang terbilang jauh ternyata tidak membuat animo peserta menurun. Sebaliknya, jumlah peserta yang mendaftar sudah memenuhi target. 

"Karena jarak sirkuit Mandalika yang jauh, kami targetkan 150 peserta. Tapi yang daftar ternyata sudah sampai 186 peserta," ujar Dyionisius dalam jumpa pers di Damai Indah Golf, BSD, Selasa (15/8).

Menurut Dony, Sirkuit Mandalika yang berkelas dunia bakal memberikan pengalaman baru bagi para pembalap. Karena itu, dia mengajak para pembalap, komunitas, dan fans untuk ikut ambil bagian sembari mengusung semangat baru bangkit kembali untuk "Restart & Rev Up Your Racing Spirit.

"DNA Racing sangat kuat melekat pada Yamaha dan kami selalu berkomitmen untuk mengimplementasikan hal ini dalam setiap aktivitas motorsport. Konsistensi ini pun kami tunjukkan saat ini melalui wadah bLU cRU bagi para penggemar Yamaha Sport, dimana dari sisi racing diantaranya diwujudkan melalui penyelenggaraan balapan on road One Make Race yaitu bLU cRU Yamaha Sunday Race dan bLU cRU Endurance Festival yang diadakan di Mandalika," beber Dyionisius Beti menambahkan.   

Yamaha Sunday Race sebenarnya sudah berlangsung sejak 2015 lalu. Yamaha kemudian menjadi pionir balapan ketahanan ketahanan Endurance yang mulai digelar pada 2018 lalu. Tahun lalu, Yamaha Sunday Race berlangsung di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat.

"Kemeriahan aktivitas Yamaha Race Mandalika nanti bakal jadi pengalaman baru dan memberikan manfaat guna terus maju khususnya di dunia balapan bersama Yamaha," kata Dyionisius.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Yamaha Sunday Race Hadirkan Dua Kelas Berbeda

Tidak hanya lokasi balapan yang berbeda. Yamaha Sunday Race di Mandalika nantinya juga akan menghadirkan dua kelas baru, yakni MX King 150 Open dan Aerox 155 Community.

Seperti diketahui, keduanya merupakan produk Yamaha yang mampu mengakomodir persaingan kompetitif pembalap dan hobi komunitas untuk beradu di trek balap.

Menurut Dyon, Aerox 155 sengaja dihadirkan pada Yamaha Sunday Race Mandalika karena pasarnya yang sangat luas. Sementara MX King adalah motor yang kompetitif dan bakal dipakai di PON 2024.

"Jadi balapannya tidak di jalanan, tapi kita salurkan di sirkuit," katanya.

Sementara itu, Yamaha Sunday Race dan Yamaha Endurance Festival menjadi momen yang sangat dinantikan oleh pecinta Yamaha. Barisan bLU cRU Pro Racer dan bLU cRU Private Racer siap tampil kompetitif menggunakan line up motor R Series di kelas unggulan masing-masing.

Mereka akan berupaya semaksimal mungkin untuk meraih hasil terbaik pada balapan bersejarah di Mandalika. Tentunya ini jadi catatan manis perjalanan racing profesional yang membanggakan. Selain itu, fans juga dapat menyaksikan dan menikmati semarak acara yang diisi dengan banyak aktivitas menarik.

 

 

3 dari 4 halaman

Kelas yang Akan Dilombakan

Berikut adalah daftar kelas yang dipertandingkan:

R1 dan R6 :

-Supertock

- Community

- 600 cc dan 1000 cc

 

R25:

- Rider

- Comm. Pro-Rider

- Comm.A

- Comm.B

 

R15:

- Pro Rider

- Comm. Pro-Rider

- Comm A

- Comm B

 

MXKing dan Aerox:

- MX King 150 Open

- Aerox 155 Community

 

 

4 dari 4 halaman

Jadwal Balapan

Berikut Jadwal Selengkapnya

bLU cRU Yamaha Sunday Race :

  • Seri 1 : 19-20 Agustus 2023
  • Seri 2 : 16-17 Desember 2023

 

Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival : 21-22 Oktober 2023

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.