Sukses

Jelang PSS Sleman vs Persija di BRI Liga 1, Rio Fahmi Komentari Kehadiran Oliver Bias

Rio Fahmi nyaris tak tergantikan di Persija Jakarta selama mengarungi BRI Liga 1 2023/2024. Apakah posisinya bakal tergusur pemain anyar Oliver Bias?

Liputan6.com, Jakarta Persija Jakarta akan segera memainkan rekrutan terakhir Oliver Bias. Pemain asal Filipina ini sudah gabung dan latihan jelang lawan Persebaya Surabaya lalu, tapi belum dimainkan.

Kesempatan Bias untuk main mungkin terjadi saat Persija tandang ke markas PSS Sleman di stadion Maguwoharjo, Jumat (4/8/2023). Bias akan bersaing dengan Rio Fahmi di posisi winger kanan, meski dia juga bisa main di kiri.

Bias yang menghabiskan lima tahun bersama tim akademi RB Leipzig merupakan pemain versatile. Dirinya bisa bermain sebagai bek sayap kanan, bek sayap kiri, sayap kanan, dan sayap kiri.

Kedatangan Bias ke dalam skuad Macan Kemayoran menarik untuk dinantikan efeknya. Namun, Rio Fahmi menganggap kedatangan Bias bukan dianggap sebagai saingan, tapi sebagai teman belajar bersama.

"Saya menganggap Bias bukan sebagai saingan. Saya tahu dia pernah main di RB Leipzig, jadi kedatangan dia ke tim ini bisa memberikan banyak pelajaran buat saya. Mungkin Bias pun bisa belajar juga sedikit dari saya," ucap Rio seperti dikutip situs Persija.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Rio Fahmi Kenal Bias di SEA Games 2021

 

Pemain kelahiran Banjarnegara 21 tahun lalu itu pun bercerita saat dirinya menyapa pertama kali Bias di ruang loker Persija. Seperti yang diketahui Rio pernah berhadapan dengan Bias di ajang internasional, salah satunya SEA Games 2021.

"Sejauh ini saya sudah dua kali melawan bias salah satunya di SEA Games Vietnam. Saat pertama kali dia latihan saya menyapa dia dan langsung bertanya ‘ingat tidak pertemuan terakhir di Timnas?’ dia langsung bilang ‘ingat’,” ujar Rio.

 

3 dari 5 halaman

Rio Fahmi Ingin Saling Bantu dengan Oliver Bias

 

Pemain yang meraih gelar Pemain Muda Terbaik Liga 1 2022/2023 itu berharap bisa membantu Bias agar bisa merasa kerasan di Jakarta dan bisa saling membantu untuk membawa Persija meraih hasil positif.

“Mungkin saya bisa membantu Bias untuk adaptasi tentang budaya dan kultur sepak bola Indonesia. Saya harap kami berdua bisa bekerja sama dengan baik, bahu-membahu untuk kebaikan Persija,” kata Rio.

4 dari 5 halaman

Perjalanan Karier Oliver Bias

Persija Jakarta berhasil menambah skuad pemain asingnya usai meminjam Oliver Saludares Bias dari FK Pribram, Republik Ceko selama satu tahun. Pemain yang berlabel Timnas Filipina ini menjadi pemain asing kelima yang ada di skuad Macan Kemayoran di BRI Liga 1 2023/2024.

Setelah mendapatkan tempaan bersama tim muda RB Leipzig (Jerman) selama lima tahun (2015-2020), Bias mulai berkelana di beberapa klub seperti Optik Rathenow (2020-2021), FC Nitra (2021), Azkals Development Team (2021-2022,2023), Chiangmai United (2022-2023), dan FK Pribram (2023).

Pemain yang reguler beroperasi di sisi sayap itu tercatat sudah memiliki 83 caps dan menghasilkan tujuh gol serta 11 assist di kompetisi junior dan senior.

Oliver Bias yang lahir di Jerman itu bahkan pernah membela Timnas Jerman di kelompok umur U-15, U-16, dan U-17. Dirinya mulai membela Timnas Filipina U-23 dan kini ia sudah membela Timnas senior Filipina sebanyak 11 kali dan menghasilkan dua assist.

Pelatih Persija, Thomas Doll sempat mencari tahu informasi mengenai Bias. Dia akhirnya yakin Bias bisa meningkatkan kualitas Persija.

“Oliver (Bias) pernah bermain untuk tim muda RB Leipzig. Jadi saya sempat menanyakan beberapa orang di sana dan saya banyak mendapatkan hal positif tentangnya," ucap Thomas terkait pemain bernomor punggung 22 itu.

5 dari 5 halaman

Persija Butuhkan Pemain Seperti Oliver Bias

Doll yang asal Jerman sudah mendapatkan informasi yang lengkap soal Oliver Bias. Kini, dia akan melihat langsung bagaimana penampilan pemain yang digembleng RB Leipzig.

“Dia adalah pemain yang memiliki kecepatan. Dia adalah tipe pemain yang suka duel satu lawan satu. Menurut saya Oliver mempunyai kualitas yang dibutuhkan tim ini,” katanya seperti dikutip situs Persija.

Persija saat ini memiliki banyak pemain tengah yang cepat. Persija sudah punya Firza Andika, Riko Simanjuntak, Witan atau Ryo Matsumura.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.