Sukses

Gianluigi Buffon Resmi Pensiun di Usia 45 Tahun, Akhiri Kontrak dengan Parma Semusim Lebih Cepat

Kiper legendaris Italia Gianluigi Buffon resmi menutup karier sepak bola di usia 45 tahun. Dia mengumumkan keputusannya, Rabu (2/8/2023) waktu setempat.

Liputan6.com, Jakarta - Kiper legendaris Italia Gianluigi Buffon resmi menutup karier sepak bola di usia 45 tahun. Dia mengumumkan keputusannya, Rabu (2/8/2023) waktu setempat.

GIanluigi Buffon mengunggah video berdurasi satu menit yang menampilkan perjalanan 28 tahun karier di lapangan hijau. "Sampai di sini teman-teman," tulisnya di akun Twitter.

"Kalian memberikan segalanya kepada saya, dan saya memberikan kalian segalanya. Kita melakukan segalanya bersama," tutup pernyataan resmi Buffon tersebut.

Buffon gantung sarung tangan di klub profesional pertamanya yaitu Parma. Dia pertama kali meninggalkan klub itu pada 2001 ke Juventus, dengan transfer yang kala itu tercatat sebagai kiper termahal dunia.

Sang legenda menghabiskan sebagian besar kariernya bersama klub asal Turin tersebut, meski sempat bermain satu musim di Paris Saint-Germain pada 2018/2019. Buffon kemudian kembali ke Juventus dan hijrah ke Parma pada Juni 2021.

Kontraknya bersama Parma akan habis akhir musim depan, tetapi Buffon lebih memutuskan pensiun setelah dua musim membela klub Serie B tersebut.

Musim 2022/2023 menjadi kampanye terakhir Buffon di dunia sepak bola. Dia sudah tidak menjadi kiper utama Parma dan tampil di 19 pertandingan, lima di antaranya berupa clean sheet.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prestasi Terbaik Gianluigi Buffon, Juara Piala Dunia

Sudah berbagai penghargaan direbutnya. Namun, ada satu titel yang lepas dari tangan Buffon. Dia tidak pernah menjuarai Liga Champions.

Selain mentereng di klub, Buffon juga bersinar bersama tim nasional. Dia memperkuat Italia di 176 pertandingan dengan capaian tertinggi memenangkan Piala Dunia edisi 2006.

”Seorang legenda menggantung sarung tangannya hari ini. Penyelamatan Anda, senyum Anda dan karakter Anda akan terus dikenang," tulis Juventus.

"Terima kasih, dan selamat atas perjalanan karier yang luar biasa @gianluigibuffon. Selamanya jadi bagian dari kisah kami. Terima kasih, Gigi."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.