Sukses

Jadwal Final Korea Open 2023: Fajar/Rian Bidik Gelar Pertama Sejak All England

Korea Open 2023 memasuki final, Minggu (23/7/2023). Indonesia berkesempatan membawa pulang gelar malalui ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Liputan6.com, Jakarta - Korea Open 2023 memasuki final, Minggu (23/7/2023). Indonesia berkesempatan membawa pulang gelar malalui ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Fajri lolos ke partai puncak usai mengalahkan andalan tuan rumah Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae 17-21, 21-16, 21-18 pada semifinal, sehari sebelumnya. Peringkat satu dunia itu sudah menjadi satu-satunya wakil Indonesia tersisa sejak perempat final.

Ini adalah penampilan pertama Fajar/Rian di final sejak menjuarai All England 2023, Maret silam.

"Pertama-tama alhamdulillah bersyukur, rasanya senang sekali bisa kembali ke final setelah terakhir di All England lalu. Tapi ini belum berakhir karena besok masih ada partai final," kata Fajar dilansir situs resmi PBSI.

Fajri bakal memperebutkan gelar melawan andalan India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty. Sang lawan lolos ke final usai mengalahkan pasangan China Liang Wei Keng/Wang Chang 21-15, 24-22.

China dan Korea Selatan jadi negara tersukses dengan sama-sama memiliki dua harapan pada perebutan titel. Namun, China sudah dipastikan membawa pulang trofi menyusul terciptanya perang saudara di nomor ganda campuran.

Berikut jadwal Korea Open 2023 pada perebutan gelar:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jadwal Final Korea Open 2023, Pertandingan Pertama Mulai Pukul 09.00 WIB

Pertandingan Pertama: Jiang Zhen Bang/Wei Ya Xin (China) vs Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping (China) 

Pertandingan ke-2: Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China) vs Kim So-yeong/Kong Hee Yong (Korea Selatan)

Pertandingan ke-3: Tai Tzu Ying (Chinese Taipei) vs An Se-young (Korea Selatan)

Pertandingan ke-4: Loh Kean Yew (Singapura) vs Anders Antonsen (Denmark)

Pertandingan ke-5: Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty (India) 

 

Ket: Pertandingan pertama dimulai pukul 09.00 WIB

3 dari 3 halaman

Kemenangan Fajar/Rian di Semifinal Korea Open 2023

Fajar/Rian terlambat panas di awal laga dengan tertinggal 1-6. Namun, peringkat satu dunia itu bisa mengejar ketertinggalan dan balik memimpin 12-10.

Sayang mereka gagal menjaga momentum. Kang/Seo bangkit memanfaatkan dukungan suporter sendiri. Kedua pasangan terlibat duel sengit hingga 14-14. Kang/Seo lalu melesat 19-15 sebelum akhirnya mengamankan gim pembuka.

Fajar/Rian berusaha bangkit di gim kedua. Mereka mampu melesat dan dalam posisi nyaman dengan skor 5-1 hingga 10-5.

Namun, Kang/Seo memangkas defisit menjadi 10-11. Setelahnya Fajar/Rian gagal menjauh dengan Kang/Seo mencoba mengakhiri pertandingan. Beruntung Fajar/Rian menjaga ketenangan dan sukses memaksa rubber.

Pada gim penentu, Fajar/Rian kembali tercecer 1-5 dan 3-8. Mereka sempat memangkas selisih 7-8, tapi tetap tertinggal 8-11 pada interval.

Namun, Fajar/Rian pantang menyerah. Setelah menyamakan skor 11-11, mereka meladeni Kang/Seo hingga 17-17. Di titik ini Fajar/Rian menunjukkan kematangan untuk memastikan kemenangan atas lawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini