Sukses

Lolos Semifinal Piala AFF U-19, Timnas Putri Indonesia Menunggu Malaysia atau Myanmar Jadi Lawan

Timnas putri Indonesia tampil sempurna di penyisihan grup A Piala AFF U-19 dengan sapu bersih kemenangan. Kini, mereka menunggu peringkat dua terbaik antara Malaysia atau Myanmar.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Putri Indonesia berhasil lolos ke semifinal Piala AFF U-19 Putri usai kalahkan Kamboja 5-0 pada laga penyisihan grup A di stadion Gelora Jakabaring, Palembang, Minggu (9/7/2023).Garuda Pertiwi Muda memantapkan diri ​​​​​lolos ke semifinal Piala AFF U-19 dengan predikat sebagai juara grup A yang terdiri dari empat tim, yakni Indonesia, Timor Leste, Laos dan Kamboja.

Marsela Yuliana Awi dan rekan-rekan sukses mencatat poin sempurna sembilan dan menambah jumlah gol sementara ini menjadi 15 gol

Kelima gol kemenangan Timnas Putri Indonesia U-19 pada pertandingan penentu kontra Kamboja masing-masing dicetak oleh Claudia Alexandra Scheunemann (31’), Marsela Yuliana Awi (48'), Ayunda Dwi Anggraini (57’) dan Sheva Imut (59' dan 90'+3)

Seusai pertandingan, Pelatih Kepala Timnas Putri Indonesia Rudi Eka Priyambada mengatakan anak asuhnya akan beristirahat penuh untuk mengembalikan stamina jelang partai semi final pada Kamis (14/7/2023) malam kick-off 19.30 WIB di Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang.

Pada babak semifinal nanti Indonesia akan berhadapan dengan peringkat dua terbaik dari grup B atau C. Kedua tim yang akan memperebutkan predikat peringkat dua terbaik di penyisihan grup Piala AFF U-19 yakni antara Malaysia (grup B) dan Myanmar (grup C).

"Kami berharap bisa menghadapi tim Malaysia nantinya, untuk membuktikan sesuatu, tapi yang jelas siapapun lawannya kami siap hadapi dengan permainan terbaik," kata Rudi seperti dikutip antara.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rudi Eka Yakin Timnas Putri Indonesia Lolos Final

 

Rudi optimistis berbekal komposisi pemain yang lengkap ditopang pengalaman dan keahlian bermain sepak bola yang baik, Indonesia bisa tembus ke grand final. Sebelum itu bisa direalisikan, Indonesia harus menghadapi lawan kuat di semifinal.​​​​

Permainan timnas putri Indonesia di penyisihan grup Piala AFF U-19 relatif stabil. Namun, 

Beruntung situasi ini tak dibiarkan bertahan lama oleh skuad racikan Rudy Eka. Amelia Nur Sava Zada mencetak gol penyeimbang lima menit berselang, usai tendangan jarak jauhnya gagal dimentahkan oleh kiper tim tamu.

Claudia Scheunemann lantas membalikkan situasi dan mengantar Indonesia unggul 2-1 mendekati turun minum. Ia kembali mencatatkan nama di papan skor pada menit 68 yang mengubah kedudukan menjadi 3-1 untuk kepemimpinan Merah Putih.

Memasuki menit-menit akhir babak kedua, giliran Ayunda Dwi Anggraini yang unjuk gigi di depan gawang lawan. Ia sukses menyempurnakan kemenangan Indonesia usai mencetak gol keempat pada menit 84.

Kemenangan atas Laos menandai keberhasilan kedua Timnas Putri Indonesia U-19 menaklukkan lawannya di ajang Piala AFF Wanita U-19 2023. Seperti diketahui, tim merah putih sebelumnya sukses berpesta gol usai menaklukkan Timor Leste dengan 7-0 di laga perdana pada Rabu (5/7/2023).

Rudy Eka mengaku dirinya sempat terkejut lantaran Laos berhasil mencetak gol lebih dulu saat menghadapi anak-anak asuhnya di matchday keduaa Piala AFF Wanita U-19 pada Jumat (7/7/2023).

Bermain di Stadion Gelora Sriwijaya, Palembang, pasukan Merah Putih memang sempat tertinggal 0-1 usai pemain Laos, Chaikam, membobol gawang Indonesia di menit ke-12.

3 dari 4 halaman

Komentar Pelatih Timnas Putri Indonesia U-19

"Pertama kita kaget, ya (dengan gol pembuka Laos). Mereka press lebih awal dan juga seperti Laos sebelumnya (saat) melawan Kamboja, (mereka) bisa (mencetak) gol lebih duluan," tutur Rudy Eka selepas laga pada Jumat (7/7/2023).

"Akan tetapi (situasi itu merupakan) kesalahan pemain sendiri juga (sebab) ketika build-up, tidak membantu untuk memecahkan kebuntuan. Mereka terlalu jauh, dan kepercayaan diri saat memegang bolanya kurang di pasca kebobolan duluan."

"Namun, setelah kita mencetak gol, mereka (para pemain Timnas Indonesia U-19) lebih enjoy dalam menjalani pertandingan. Kita bersyukur bisa menang," sambungnya seperti dilansir dari situs resmi PSSI.

4 dari 4 halaman

Pemain Timnas Putri Indonesia U-19 Juga Sempat Kaget

Pemain Timans Putri Indonesia U-19 Claudia Scheunemann mengutarakan hal yang hampir serupa dengan Rudy Eka. Ia mengaku dirinya juga sempat kaget ketika Laos berhasil memimpin lebih dulu lewat gol cepat Chaikam di menit ke-12.

"Ya, awalnya sih kita kaget, mereka bisa cetak gol, tapi karena pelatih dan teman-teman semua kasih motivasi, jadi kita sebagai tim bisa mencetak gol dan tidak menyerah hingga akhir pertandingan," tutur Claudia.

"Masih bisa banyak yang harus diperbaiki, untuk bisa membawa tim ini menjadi juara. Ya, tentunya kami bisa menjadi juara AFF ini. Untuk masalah berapa jumlah gol yang saya cetak, itu tidak terlalu penting," katanya lagi selepas pertandingan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.