Sukses

Ditelikung Real Madrid, Barcelona Batal Dapatkan 'Messi Turki' Arda Guler

Presiden Fenerbahce tidak senang keputusan Arda Gular mengabaikan tawaran Barcelona.

Liputan6.com, Jakarta Upaya Barcelona mendatangkan wonderkid Fernebahce, Arda Guler gagal total. Meski sudah mengirim orang ke Istanbul, Turki, pemain yang baru berusia 18 tahun itu justru memilih berlabuh ke tim lain. 

Yang lebih menyakitkan, Guler malah bergabung dengan Real Madrid yang tak lain adalah rival abadi Barca. Kesepakatan kabarnya sudah hampir rampung dan Guler segera bertolak ke Madrid, Spanyol.

Menurut El Larguero, Guler telah menandatangani kontrak 6 tahun yang akan mengikatnya di Santiago Bernabeu hingga 2028/2029 mendatang. Rencananya, pemain yang dijuluki sebagai 'Messi Turki' akan terbang ke Spanyol, Kamis ini (6/7/2023) untuk merampungkan proses kepindahannya ke Los Blancos.

Seperti dilansir dari Fotball Espana, Guler menjadi pemain kelima yang didatangkan Real Madrid pada musim panas ini setelah Fran Garcia, Brahim Diaz, Jude Bellingham and Joselu Mato. Dia selanjutnya akan mengikuti persiapan pramusim dalam beberapa pekan ke depan dan tetap bertahan di skuad Carlo Ancelotti pada musim depan. Artinya, tidak ada opsi untuk meminjamkan Arda Guler ke tim lain.

Sejauh ini belum ada komentar resmi dari pihak Fenerbahce. Namun Presiden Fenerbahce, Ali Koc terlihat berang ketika  mengetahui pilihan Guler. Ketidaknyamanan ini ditunjukkan dalam sambutan saat memperkenalkan pelatih baru Fenerbahce, Ismail Kartal, pada Rabu (6/7/2023).  

Dalam kesempatan itu, Ali Koc membenarkan bila Guler bakal meninggalkan timnya. Meski demikian, dia tidak menyebut secara spesifik ke mana sang wonderkid akan berlabuh. Dia hanya mengatakan kalau pihaknya tidak bisa mempertahankan pemain yang musim lalu bermain sebanyak 35 kali itu. 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arda Guler Seharusnya Bisa Bertahan Setahun Lagi di Fenerbahce

Tentu bukan tanpa alasan Ali Koc kesal dengan keputusan Guler. Dia memang lebih menginginkan Guler bergabung dengan Barcelona agar bisa bertahan setidaknya untuk semusim lagi di Fenerbahce.

Hal ini tak lepas dari kondisi keungan Barcelona yang belum ideal. Barca  diyakini bakal terbentur masalah financial fair play hingga menunda pendaftaran Guler ke La Liga pada musim ini. Guler pun sementara bisa bertahan di Fenerbahce sebelum didaftarkan pada  musim panas tahun depan. 

Kesempatan ini tidak akan didapatkan Fenerbahce bila Guler merapat ke Real Madrid. Pasalnya, Los Blancos akan segera mendaftarkan namanya ke La Liga agar bisa bermain pada musim depan. 

 

3 dari 4 halaman

Barcelona Sempat Terdepan Dapatkan Guler

Barcelona sendiri bukannya tanpa usaha. Sebaliknya, tim asal Catalonia itu sempat menjadi yang terdepan dalam perburuan Guler 

Barca diketahui telah mengirimkan utusannya, Deco ke Turki untuk melakukan negosiasi dengan Fenerbahce. Hal ini telah dibenarkan oleh Presiden Barcelona, Joan Laporta. Dia mengaku ingin segera menuntaskan kesepakatan Guler meski tetap khawatir akan datangnya tawaran dari klub lain.

"Dia merupakan pemain yang sangat muda," kata Laporta kepada Mundo Deportivo.

"Betul, pencari bakat kami telah mengikuti dia sejak lama dan banyak klub di Eropa menginginkannya. Kami sedang bicara dengan Fenerbahce," beber Laporta menambahkan.

Awal pekan ini, Laporta kembali memberi kabar baik terkait perburuan Guler.

"Hari ini, Deco sudah ada di Istanbul. La Liga mengizinkan kami melakukan operasi untuk musim depan tanpa terpengaruh dengan FFP (Financial Fair Play)," kata Laporta menjelaskan.

 

4 dari 4 halaman

Profil Arda Guler yang Dijuluki Sebagai Messi Turki

Arda Guler merupakan pemain muda berbakat asal Turki. Dia memiliki kemampuan menggiring bola yang sempurna serta kontrol jarak dekat memukau. Dia juga merupakan pencetak gol termuda dalam sejarah Fenebahce. Guler memulai debutnya untuk tim senior pada 2019.

Gaya permainan Guler sudah menarik perbandingan dengan superstar Argentina Lionel Messi. Pemain berusia 18 ini dijuluki Messi Turki di tanah kelahirannya.

Guler telah membuat 21 penampilan untuk Fenerbahce musim ini, mencetak tiga gol dan memberikan dua assist. Dia telah memainkan 37 pertandingan untuk Fenerbahce sejak debut seniornya, mencetak enam gol dan memberikan tujuh assist.

Dia juga mewakili tim nasional Turki satu kali dalam kariernya.

Arda Guler mendapatkan julukan 'Messi Turki' dari seorang penggemar bernama Max. Berbicara tentang alasan di balik nama tersebut, Max mengatakan:

"Saya pernah pergi ke Barcelona untuk menonton Messi sebelumnya dan sangat menyenangkan melihatnya. Jadi saya pikir Arda Guler, yang merupakan pemain Fenerbahce favorit saya di laga terbesar musim ini, pantas mendapatkan julukan ini!"

Guler mungkin akan segera mengikuti jejak legenda Argentina tersebut. Karena menurut AS, Barcelona tertarik untuk menambahkan pemain berusia 18 tahun itu ke dalam barisan mereka. Selain Blaugrana, klub-klub seperti Arsenal dan Bayern Munchen juga tertarik padanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.