Sukses

Pesepak Bola Putri Zahra Muzdalifah Bakal Main di Liga Jepang

Zahra Muzdalifah akan bermain di Jepang bersama klub Cerezo Osaka. Dia dikontrak selama setahun.

Liputan6.com, Jakarta Bertambah lagi pesepak bola Indonesia yang akan main di kancah internasional. Pesepak bola putri Zahra Muzdalifah akan bermain di Jepang bersama Cerezo Osaka Yanmar Ladies.

Zahra akan dikontrak secara profesional untuk berlatih dan bermain bersama Cerezo Osaka Yanmar Ladies.

"Tentu ini adalah pengalaman baru untuk saya untuk dapat berlatih dan bermain bersama klub sepak bola ternama di Jepang, Cerezo Osaka Yanmar Ladies. Ini seperti mimpi, mewakili Asiana Soccer School, saya akan membawa nama Indonesia ke kancah industri klub sepak bola Jepang," ujar Zahra.

"Dengan kesempatan ini kiranya perjalanan hidup saya akan menjadi lebih bermakna dan tentunya saya berharap pengalaman ini juga akan membentuk karakter dan berguna bagi karier saya ke depannya," kata Zahra.

Zahra dikontrak Cerezo Osaka selama setahun. Proses mendapatkan kontrak dari klub Jepang ini tidaklah mudah. Zahra harus menjalani dua kali trial terlebih dulu. Trial pertama selama dua minggu. Karena sukses, maka berlanjut ke trial kedua yang lebih lama, tiga bulan.

"Di Jepang nanti saya enggak targetin gol nanti bakal egois malah. Yang paling penting main bagus nanti gol juga datang sendiri. Saya sudah mempersiapkan diri dengan latihan penuh selama tiga bulan. Target saya tak cuma bisa masuk tim, tapi bersinar di Jepang," kata Zahra.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Alasan Cerezo Osaka Kontrak Zahra

Sukses Zahra menembus Liga Jepang tak lepas dari kerja sama Asiana Soccer School dengan Cerezo Osaka. Zahra dikontrak Cerezo karena dianggap memiliki semua bekal bagus untuk menjadi pesepak bola. Tak cuma skill, sikap Zahra di dalam dan luar lapangan juga memuaskan Cerezo.

"Kita sudah lihat atittude dan sikap Zahra terhadap tim. Fisiknya juga kuat dibanding yang lain. Sebagai striker juga ada naluri cetak gol. Keberadaan Zahra mampu mencairkan suasana di tim di mana kebanyakan pemain lain masih kaku karena datang akademi," tutur Presiden Klub Cerezo Osaka Hiroaki Morishima. 

3 dari 3 halaman

Sejarah WE League

WE League merupakan liga untuk pesepakbola putri di Jepang yang baru diluncurkan pada Juni 2020. WE League menggantikan kompetisi semi profesional untuk pesepak bola putri di Jepang yakni Nadeshiko League. Setelah WE League muncul, Nadeshiko League menjadi kasta kedua sepak bola putri Jepang.

Cerezo Osaka Ladies sendiri merupakan pendatang baru di WE League musim 2023/2024. Cerezo tak ikut pada musim 2021/2022. Mereka sebelumnya main di Nadeshiko League.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.