Sukses

Pelita Jaya Hajar Satria Muda, Prawira Bandung Jadi Juara Musim Reguler IBL 2023

Kemenangan Pelita Jaya atas Satria Muda membuat Prawira menjadi posisi pertama di musim reguler dan akan mendapat keuntungan besar saat play-off IBL 2023 digelar.

Liputan6.com, Jakarta- Prawira Bandung dipastikan menjadi juara musim reguler IBL 2023. Yudha Saputera dan kawan-kawan mendapat durian runtuh setelah Satria Muda Pertamina Jakarta kalah 75-84 dari Pelita Jaya Jakarta pada laga pamungkas musim reguler IBL 2023 di Britama Arena, Sabtu (24/6/2023) malam WIB.

Dengan hasil ini maka Prawira akhirnya finis di urutan pertama musim reguler IBL 2023. Sedangkan Satria Muda menempati urutan kedua, dan Pelita Jaya ada di peringkat ketiga pada klasemen akhir.

Prawira, SM dan Pelita Jaya memiliki poin sama di klasemen akhir yakni 27-3. Oleh sebab itu, peringkat ditentukan dengan cara menghitung selisih poin ketiga tim.

Kemenangan ini juga sekaligus membalaskan dendam Pelita Jaya atas SM pada pertemuan pertama di IBL 2023. Yang luar biasa, PJ meraih kemenangan atas SM tanpa diperkuat point guard senior Andakara Prastawa yang diistirahatkan.

Pelita Jaya tampil dominan sejak awal meski tanpa Prastawa. Pasukan Djordje Jovicic menguasai kuarter pertama dengan keunggulan cukup telak 27-17 berkat aksi menawan Dominique Sutton.

Permainan Satria Muda membaik di kuarter dua. Mereka bisa memangkas jarak menjadi delapan poin saja. Point guard Antoni Erga memainkan pera vital di kuarter dua ini dengan dua kali melesakkan tembakan tiga angka beruntun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

SM Sempat Hampir Mengejar PJ

Memasuki kuarter tiga, Pelita Jaya mampu menjaga keunggulan delapan poin ini. Mereka unggul 60-52. Pelita Jaya sempat unggul 12 poin di awal kuarter empat. Namun Satria Muda secara luar biasa mampu mengejar ketertinggalan.

Satria Muda cuma terpaut empat poin saja saat laga tersisa 31 detik setelah Widyanta Putra Teja dengan baik memasukkan dua free throw. Namun momentum SM mengejar dirusak Muhammad Hardian Wicaksono yang melakukan three point play saat laga tersisa 22 detik. Sejak saat itu Pelita Jaya tak lagi terkejar.

3 dari 3 halaman

Sutton Mendominasi Poin Pelita Jaya di Laga Terakhir IBL 2023

Sutton menjadi top score Pelita Jaya dengan torehan 22 poin. Diikuti Dashawn Wiggins yang mengoleksi 14 poin, M. Arighi 13 poin, dan Yesaya Saudale 11 poin. Pelita Jaya mencetak 30 points in the paint, ditambah 12 three point dari 30 attempt. Total field goals Pelita Jaya malam ini adalah 31 dari 68 attempt.

Sementara di kubu SM, Elijah Foster finis dengan double-double (14 poin dan 11 rebound). Arki Dikania Wisnu jadi top score dengan catatan 18 poin, disusul Juan Laurent Kokodiputra yang menambahkan 10 poin.

"Pertandingan yang sangat intens. Seperti playoffs. Dan, memang kami sudah siap untuk melaju ke playoffs," kata pemain asing Pelita Jaya, Dominique Sutton seusai pertandingan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.